♣   Gabung dengan akun media sosial Pemkab Tegal; Facebook, Twitter, dan Youtube (klik di Link)  ♣  

Anggota Satpol PP Dibekali Pemberkasan Perkara

2015-04-01 08:45:00


KET. FOTO - Kepala Satpol PP, Zaenal Arifin SH MM membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Pemberkasan Perkara bangi anggota Satpol PP.


SLAWI - Sebanyak 40 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal dibekali tata cara pembekasan perkara. Diklat yang dieglar dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) personal Satpol PP itu berlangsung selama 2 hari yakni Senin-Selasa (30-31/3) di Aula DPKAD Kabupaten Tegal.


Kepala Satpol PP Pemkab Tegal, Zaenal Arifin SH MM mengatakan sesuai amanat Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2010 tentang Satuan Polisi Pamong Praja, disebutkan bahwa salah satu tugas pokok Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP) adalah Penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada). Dimana Kewenangan Satpol PP dalam Penegakan Perda adalah sampel dengan tahapan Represif Non Yustisial, sedangkan tahap Represif Yustisial merupakan tugas PPNS.


"Untuk dapat melaksanakan tugas dimaksud, setiap anggota Satpol PP serta PPNS pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun Satpol PP perlu dibekali pelatihan yang sesuai standar yang dibutuhkan sehingga memiliki kemampuan SDM dan kapasitas yang cukup untuk melaksanakan tugas penegakan peraturan Daerah/ Perda," katanya saat membuka Diklat Pemberkasan Perkara.


Zaenal menuturkan, terkait jumlah PPNS pada Satpol PP saat ini masih sangat minim yakni sebanyak 5 orang PPNS. Sementara pada tahun 2015, tupoksi Satpol PP fokus pada Penegakan Peraturan Daerah (Perda). "Harapannya setelah diklat ini, anggota Satpol PP dapat membantu tugas PPNS dalam Penegakan Perda," imbuhnya


Kepala Seksi Opsdak, Pekik Yulianto S.IP selaku Panitia Diklat menjelaskan salah satu tugas Satpol PP adalah penegakan peraturan daerah (Perda). Dimana dalam Penegakan peraturan daerah yang memiliki sanksi pidana secara pro yustisi hanya dapat dilakukan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS).


"Sementara ini di Satpol PP Kabupaten Tegal, Sumber Daya Manusianya masih terbatas jumlahnya. Jadi untuk membantu tugas PPNS dalam menjalankan tugas pemberkasan perkara pro yustisi, perlu adanya Diklat pemberkasan ini," ujarnya kemarin.


Dia menjelaskan, Diklat bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan bagi anggota Satuan Polisi Pamong Praja dalam melaksanakan tugasnya membantu PPNS dalam hal pemberkasan perkara pelanggaran Peraturan Daerah.


"Dengan demikian, para PPNS di Satpol PP yang mengemban tugas penyidikan pelanggaran Peraturan Daerah mampu menjalankankan tugasnya dengan maksimal, karena terbantunya tugas tersebut oleh anggota Satpol PP lainnya," bebernya.


Pekik menambahkan, untuk mensukseskan kegiatan Pendidikan dan pelatihan tersebut, pihak Satpol PP menggandeng Korwas PPNS dari Polres Tegal dan dinas terkait diantaranya BPPT Kab. Tegal, Dinas Sosial dan Dinas Perindag Kabupaten Tegal. "Peserta Pendidikan dan Pelatihan yakni 40 anggota Satpol PP Kab. Tegal baik yang bertugas di Kabupaten maupun yang diperbantukan di Kecamatan," pungkasnya. (s@n)

 

Berita Pilihan

DINAS TANBUNHUT KAB TEGAL IKUT PANEN RAYA PADI DI DESA BERSOLE

ADIWERNA - Kepala Dinas Tanbunhut  Kabupaten Tegal Ir.Khofifah,MM  ikut melakukan panen raya padi di Desa Bersole, Kecamatan Adiwerna , Kabupaten Tegal, bertempat disawah milik ketua gapoktan Desa Bersole bapak Kartoib, Kamis (19/3/2015).

SEBANYAK 14.464 POHON DURIAN TUMBUH DAN PRODUKTIF DI WILAYAH KECAMATAN JATINEGARA

JATINEGARA-Pemerintah Kabupaten Tegal kembali menyelenggaraklan Festival Buah Lokal yaitu Festival Buah Durian di Pendopo Kecamatan Jatinegara, selasa (17/3). Sebelumnya Pemkab Tegal sukses menyelenggarakan Festival Buah Duku. Kegiatan ini, diselengggarakan upaya untuk mempromosikan buah lokal asal Kabupaten Tegal guna mendukung visi dan Misi Pemerintah Kab Tegal Tahun 2014-2019 yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Tegal yang mandiri, unggul, berbudaya, religius dan sejahtera melalui program cinta produk Tegal.   

35 ORANG IKUTI SELEKSI LELANG JABATAN

SLAWI-Untuk mengisi kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau Kepala SKPD setingkat Eselon II.b yang lebih dikenal dengan Lelang Jabatan, khususnya pada BKD, Dinas PPKAD, DPU, Dinas Kopreasi, UKM dan Pasar, serta Inspektorat, Pemerintah Kabupaten Tegal mengadakan seleksi terbuka. Untuk kali ini, Seleksi Terbuka sudah berada pada tahap Tes Penilaian dan Pemaparan Makalah oleh masing-masing peserta yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Tegal, selasa, (17/3).

ADIPURA BUKTI MASYARAKAT SADAR AKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

SLAWI-Bertempat di Teras Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Plt. Bupati Tegal Dra. Hj. Umi Azizah melakukan Talkshow "Kabar Bupatiku" terkait dengan permasalahan Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal.

DI ERA GLOBALISASI DAN DEMOKRASI, PNS HARUS MEMILIKI BUDAYA MALU

SLAWI-Sebanyak 40 orang CPNS Pemerintah Kabupaten Tegal hasil seleksi Tahun 2014 Formasi Pelamar Umum, Rabu (11/3) menerima petikan Surat Keputusan Bupati Tegal di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal. Secara simbolis, SK CPNSD diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Tegal Dra. Hj. Umi Azizah. 

Berita lain

Tanggal berita : 2015-04-01 08:45:00

SLAWI - Sebanyak 40 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal dibekali tata cara pembekasan perkara. Diklat yang dieglar dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) personal Satpol PP itu berlangsung selama 2 hari yakni Senin-Selasa (30-31/3) di Aula DPKAD Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-31 14:40:54

Slawi-Pengelola Daerah Universitas Terbuka (PDUT) Kabupaten Tegal minggu (29/3) kemarin mengadakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) untuk para mahasiswa masa registrasi 2015.1 Unit Pelayanan Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka (UPBJJ-UT)  Purwokerto di Gedung SMK Negeri 2 Slawi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 320 orang mahasiswa yang terdiri dari Program Studi Pendidikan Guru SD dan Guru PAUD  dengan tema: "Mewujudkan mahasiswa UT yang berwawasan intelektual dan berakhlakul karimah".

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-30 08:34:55

SLAWI - Ratusan pelajar setingkat SLTA yang tergabung dalam wadah Palang Merah Remaja (PMR) Wira mengikuti Uji Kecakapan Pertolongan Pertama (PP) yang digelar PMI Kabupaten Tegal, Minggu (29/3/2015) di SMK N 2 Adiwerna.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-30 08:32:33

SLAWI - Prestasi kembali ditorehkan Kabupaten Tegal. Kali ini, Kontingen Siaga Putra Kwarcab Tegal yang berasal dari MI Kalisoka Kecamatan Dukuhwaru berhasil menjadi tergiat I dalam gelaran Pesta Siaga tingkat Jawa Tengah Korwil Pekalongan yang digelar di Obyek Wisata Pantai Widuri Pemalang pertengahan Maret lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-30 08:30:05

SLAWI - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal bakal kembali menggiatkan kembali Satuan Karya Kalpataru di Kabupaten Tegal. Selain ditingkat cabang, juga bakal digiatkan dibeberapa pangkalan Sekolah untuk mendukung sekolah adiwiyata.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-27 10:52:05

SLAWI - Dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) personal, Satpol PP Kabupaten Tegal bakal menggelar kegiatan Pendidikan dan pelatihan Pemberkasan Perkara bagi anggota Satpol yang belum dilantik sebagai PPNS. Diklat direncanakan berlangsung selama 2 hari yakni Senin (30/3) hingga Selasa (31/3) mendatang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-27 09:32:03

SLAWI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah belum lama ini menggelar kegiatan Pengurangan Resiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) Sekolah. Kegiatan berlangsung selama sehari yakni Selasa (24/3) lalu di Pendopo Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-25 10:11:19

SLAWI - Dinas Tanbunhut Kabupaten Tegal terus melakukan upaya untuk membantu mewujudkan program swasembada pangan Nasional. Salah satunya dengan menggelar sosialisasi pengembangan jaringan dan pengembangan optimalisasi lahan dana refocusing di ruang rapat Distanbunhut Kabupaten Tegal, Selasa (24/3).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-24 14:29:05

ADIWERNA - Tim verifikasi dan penilai Green School Award (GSA) 2015 dari Universitas Negeri Semarang meninjau SMK Negeri 1 Adiwerna, Kamis (19/03/2015). Kedatangan tim ini dalam rangka melakukan penilaian SMKN 1 Adiwerna, yang menjadi salah satu dari lima belas peserta Green School Award 2015.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-24 14:26:57

KEDUNGBANTENG - Untuk mencapai lokasi situs purbakala Semedo, sekitar 20 murid SD Wotgalih 3 Kecamatan Jatinegara rela berjalan kaki lebih dari 5 kilometer. Hal itu dilakukan para siswa untuk datang dan berkunjung ke desa situs manusia purba Semedo, Kecamatan Kedungbanteng belum lama ini.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 8.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 7.500 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 9.500 / Kg
Minyak Goreng (Bimoli Botol) 1 liter : 14.000 / Liter
Minyak Goreng Curah ( tanpa Merk ) : 15.000 / Kg

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Senin, 30 Maret 2015