♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Pemkab. Tegal Raih Opini WTP BPK RI

2017-06-09 09:56:25


KET FOTO : Bupati Tegal menerima Hasil Penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dari BPK


Setelah empat belas tahun penilaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD), baru tahun ini Pemerintah Kabupaten Tegal berhasil meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Artinya, Pemerintah Kabupaten Tegal dinilai telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan. Demikian informasi ini diperoleh sesaat setelah penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2016 di Gedung BPK RI Perwakilan Jawa Tengah di Semarang Rabu (7/6) sore lalu.
Ditemui usai acara, Bupati Tegal Enthus Susmono menyatakan kepuasannya. "Capaian ini tidak terlepas dari kerjasama dan kerja keras semua pihak dalam menyajikan informasi keuangan daerah berdasarkan empat kriteria, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern", katanya. Enthus menambahkan, sejak tahun 2002 sampai 2015 laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Tegal selalu mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian dan sekali saja di tahun 2008 Disclaimer, dimana auditor BPK menolak memberikan pendapat.
Menurut Enthus, salah satu aspek yang menjadi ganjalan selama ini adalah pengelolaan aset tetap milik Pemda. "Alhamdulillah, dari temuan BPK soal keberadaan aset tersebut, Rp. 49 miliar berhasil kita telusuri dan tindaklanjuti. Tinggal Rp. 6 miliar saja yang akan kami kejar penuntasannya, terutama soal keberadaan aset tanah", katanya.
Selain mengapresiasi kinerja Sekda beserta jajarannya, Bupati Tegal juga menyampaikan terimakasih kepada para Kades yang ikut serta membantu memperlancar proses pensertipikatan tanah yang dulunya milik desa menjadi milik Pemda karena sudah digunakan untuk fasilitas umum seperti sekolah, pasar, bangunan irigasi dan lain sebagainya.
Enthus mengakui, proses penelusuran aset ini tidaklah mudah, karena permasalahan tersebut ada yang muncul sejak puluhan tahun lalu atau sebelum sistem pengendalian intern berjalan baik, sehingga celah penyalahgunaan wewenang bisa saja terjadi. "Buktinya, ada aset milik kita yang beralih tangan ke orang pribadi atau lembaga lain", ungkapnya. Oleh sebab itu, sejak masa kepemimpinannya, reformasi birokrasi ia kedepankan dalam misi pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal Tahun 2014-2019. "Setelah organisasi inspektorat kita perkuat, sistem pengelolaan aset pun saya kejar untuk dibenahi, ditata dan ditertibkan. Tidak lain dan tidak bukan karena aset atau barang milik daerah tersebut dibeli dengan uang rakyat, jadi ya harus kita amankan dan pelihara dengan baik", imbuhnya.
Sembari menikmati hidangan berbuka puasa, Enthus menyampaikan, meskipun BPK memberikan opini WTP, bukan jaminan penggunaan APBD Kabupaten Tegal terbebas dari tindak pidana korupsi. "Ini hanya soal kewajaran penyajian laporan keuangan yang dilengkapi dengan bukti dan data dukung yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan", katanya.
Ditanya soal nilai tambah bagi Pemda yang meraih Opini WTP, Enthus mengatakan, sebagaimana pengalaman pemerintah kabupaten atau kota lain, pihaknya akan menerima dana insentif daerah berupa penambahan Dana Alokasi Umum yang besarannya akan ditentukan oleh Pemerintah Pusat.
Sementara Sekda Kabupaten Tegal dr. Widodo Joko Mulyono yang turut hadir mendampingi bupati menandaskan agar temuan BPK pada Laporan Hasil Pemeriksaan ini harus segera ditindaklanjuti. "Prestasi ini adalah hasil kerja keras banyak pihak, harus dipertahankan. Jangan sampai ada SKPD yang menghambat" tegasnya. Meski sudah tidak menjadi catatan temuan BPK, pihaknya akan terus memantau laporan pertanggungjawaban pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) agar tidak menjadi penghambat akuntabilitas laporan keuangan daerah seperti kejadian tahun 2015 lalu. Sejalan dengan itu, Joko menegaskan agar kepala desa juga segera menyampaikan laporan pertanggungjawaban belanja transfer bantuan keuangan dana desa kepada Bupati Tegal.
Tampak hadir pula Inspektur Kabupaten Tegal BK. Aribawa yang menyampaikan informasi bahwa setelah ini, pihaknya bersama Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tegal akan melakukan sensus pencatatan dan inventarisasi barang daerah untuk disinkronkan dengan data aset pada SIMDA Barang Milik Daerah. "Kedepan, kegiatan audit BPK RI untuk tujuan tertentu akan kami dorong fokusnya pada sistem pengelolaan barang milik daerah", katanya.  [@tik]

 

Berita Pilihan

Kepala DPMPTSP Jawa Tengah Resmikan Dua Pabrik Di Balapulang

Balapulang - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, Sc , yang mewakili Gubernur Jawa Tengah meresmikan dua pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Balapulang No. 60.RT 08 RW 05 Desa BalapulangWetan, Kec.Balapulang, Kabupaten Tegal Kamis (12/10).

KARYA BHAKTI TNI PERKOTAAN RESMI DIBUKA BUPATI TEGAL

SLAWI - Program karya bhakti TNI perkotaan atau biasa dikenal sebagai Tentara Manunggal Membangun Kota (TMMK), merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat dengan sasaran wilayah Kota Kabupaten.

41 KK di Kecamatan Tarub Dapat Bantuan Jambanisasi

TARUB -Sebanyak 41 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Tarub mendapatkan bantuan program jambanisasi dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tegal. Bantuan tersebut diperuntukan untuk 3 Desa di Kecamatan Tarub yang meliputi Desa Bulakwaru, Kalijambe dan Kedungbungkus.

Serah Terima Bantuan Rumah Pasca Bencana Tanah Longsor Desa Dermasuci

PANGKAH -Acara Serah terima rumah bantuan pasca bencana longsor di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah dari tanggung jawab sosial perusahaan  atau Dana CSR (corporate Social Responsibility) yang dilaksanakan senin (27/9) di tempat relokasi dimana rumah tersebut dibangun. Hadir dalam acara tersebut Wakli Bupati Tegal, Kepala BPBD Kab Tegal, Muspika Kecamatan Pangkah, Pimpinan Bank Mandiri , Pimpinan BUMD Pemkab Tegal dan Kepala Desa serta warga masyarakat Desa Dermasuci .

MENHUB AJAK SANTRI MA’HADUT THOLABAH BANGUN SEKTOR TRANSPORTASI

SLAWI - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Ponpes Ma'hadut Tholabah Babakan, Lebaksiu, Sabtu (23/9). Dalam kesempatan itu, Menhub mengajak para santri di lingkungan Ponpes Ma'hadut Tholabah, Babakan, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal untuk ikut membangun sektor transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tanggal berita : 2017-10-20 10:46:16

SLAWI - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal mengirimkan 20 Pramuka Penegak Pandega untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) XI Jawa Tengah yang berlangsung selama sepekan di Kabupaten Kebumen.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-18 16:03:50

SLAWI - Sebanyak 54 Anggota Panwascam se Kabupaten Tegal resmi dilantik dan dikukuhkan, Minggu (15/10) di ruang pertemuan Grand Dian Hotel Slawi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-18 08:19:15

TALANG - Pemerintah Kecamatan Talang bekerjasama dengan BADQO TPQ Talang menggelar Festival Anak Soleh (FASI) tahun 2017. Kegiatan berlangsung di Desa Dukuhmalang, Minggu (15/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-18 08:17:25

SLAWI - Dalam rangka pemberdayaan peran anggota PMR dalam meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan yang berkarakter dan berkelanjutan, PMI Kabupaten Tegal menggelar Konferensi Palang Merah Remaja (PMR) di Gedung PMI Kabupaten Tegal. Kegiatan berlangsung selama dua hari tanggal 14-15 Oktober dan diikuti 75 orang delegasi PMR Unit Wira se Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-17 15:47:55

SLAWI - Para Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) dan pembina Pramuka harus bangga mengenakan seragam Pramuka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-16 16:18:27

ADIWERNA - Bupati Tegal menghadiri secara langsung kegiatan Penjamasan Astana Kanjeng Susuhunan Amangkurat Agung atau prosesi penjamasan makam dan menggelar doa tahlilbertempat di makam Amangkurat Agung Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Senin (16/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-16 16:10:58

SLAWI - Sedikitnya 90 siswa taman kanak-kanak (TK) Masyitoh Muslimat NU Kademangaran, Kecamatan Dukuhturi menyambangi kantor Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Tegal, Sabtu (14/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 15:40:15

SLAWI - Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial mengirim wanita Diduga Pekerja Seks Komersial (PSK) ke Panti Sosial untuk direhabilitasi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 10:26:23

Balapulang - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, Sc , yang mewakili Gubernur Jawa Tengah meresmikan dua pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Balapulang No. 60.RT 08 RW 05 Desa BalapulangWetan, Kec.Balapulang, Kabupaten Tegal Kamis (12/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 09:43:52

TEGAL - Bupati Tegal, Enthus Susmono dan Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto S.Sos beserta jajarannya dan anggota FKPPI Kabupaten dan Kota Tegal nonton bareng (Nobar) film dengan judul "Merah Putih Memanggil" di gedung bioskop cinema Transmart Kota Tegal.  Rabu,(11/10).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.000 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 10.950 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 29.700 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 31 Agustus 2017