♣   Gabung dengan akun media sosial Pemkab Tegal; Facebook, Twitter, dan Youtube (klik di Link)  ♣  

SIBAT SIGEDONG SOSIALISASI RESIKO BENCANA

2012-04-16 11:07:19

 



Komandan Sibat Sigedong memberikan sosialisasi hasil pemetaan resiko bencana yang telah di lakukanya.


 


BUMIJAWA - Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Sigedong Kecamatan Bumijawa melakukan sosialisasi hasil pemetaan resiko bencana yang telah dilakukan, kepada masyarakat. Sosialisasi digelar dibalai desa Sigedong, Kamis (12/4) dan diikuti oleh masyarakat dari kalangan RT, RW dan perangkat desa setempat.


Turut Hadir dalam kesemepatn tersebut, Kepala Desa Sigedong , anggota BPD Sigedong dan beberapa pegurus PMI Kabupaten Tegal juga hadir mendampingi kegiatan sekaligus memberikan bantuan sarana pendukung kepada Sibat Sigedong.


Komandan Sibat Desa Sigedong, Surono, pada saat sosialisasi menyampaikan tentang hasil pemetaan yang telah dilakukanya pada bulan maret kemarin. Ia menyampaikan mulai dari luas wilayah desa sigedong, kondisi topografi, jumlah rumah, jumlah RT, RW, data penduduk dan lain sebagainya.


"Sosialisasi ini kami lakukan, agar masyarakat mengetahui dan memahami tentang kondisi lingkungan yang rawan akan bencana.," kata Surono.


Menurut Surono, ada beberapa kemungkinan ancaman resiko bencana di lingkungan desa sigedong, mulai dari gunung meletus, bencana puting beliung, longsor, kebakaran, dan banjir.


"Harapannya, setelah ada sosialisasi ini masyarakat lebih waspada," ujarnya


Ketua BPD Sigedong, Suwendi, mengatakan, adanya sosialisasi ini, paling tidak menjadikan masyarakat menjadi semakin tahu jika terjadi bencana dan harus bagaimana. "Harapannya masyarakat menjadi tahu jika menghadapi bencana dan bagaimana bisa bekerja sama dengan sibat yang ada ini," tuturnya


Sementara, dalam kesempatan itu, PMI Kabupaten Tegal memberikan bantuan sarana pendukung kepada Sibat yang diwakili oleh Bendahara PMI Kabupaten Tegal, Imam Sisworo. Bantuan yang diberikan tersebut, berupa rig VHF DR 135, HT 569 dan large antenna gain serta spare battery, Kit PP, TEnda standar, tenda spiral, dan mega phon.


"Mudah-mudaan bantuan yang di berikan PMI ini bisa menjadi alat pendukung bagi sibat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya." terangnya


Imam berharap meskipun pemetaan sudah dilakukan, mudah-mudahan bencana tidak terjadi, namun jika terjadi terjadi sekalipun, masyarakat sudah siap menghadapinya dan sibat bisa melakukan kerjanya sebagimana harapan terbentukya sibat. (Hasan).

 

Berita Pilihan

BANK JATENG ALOKASIKAN DANA CSR UNTUK RENOVASI 50 RTLH

BALAPULANG-Bertempat di Pendopo Kecamatan Balapulang, rabu (4/3) Bank Jateng mengalokasikan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk warta masyarakat Kabupaten Tegal sebesar Rp. 375.000.000,-. Dana sebesar itu akan digunakan untuk merenovasi 50 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) warga masyarakat Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang.

BUAH DUKU KESUBEN PALING TOP SE INDONESIA

LEBAKSIU-Bertempat di UPTD Kebun Bibit Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Tanbunhut) Kabupaten Tegal menggelar festival buah duku lokal, Rabu (4/3/2015).

PEMKAB TEGAL GANDENG TNI DAN PERUM PERHUTANI WUJUDKAN SWASEMBADA PANGAN NASIONAL

SLAWI-Dalam rangka implementasi pelaksanaan kedaulatan pangan, Pemerintah Kabupaten Tegal bersama dengan jajaran TNI dan Perum Perhutani Balapulang bergandengan tangan melakukan kegiatan penanaman pangan dan tanaman kehutanan. Hal ini sengaja dilakukan, sebagai upaya dalam peningkatan produksi pangan di Kabupaten Tegal guna mendukung swasembada pangan nasional, maka harus mendayagunakan segala potensi yang ada, termasuk TNI dan Perum Perhutani.

Menristek Canangkan SMKN I Adiwerna Sebagai Sekolah Riset Dan Sekolah Teknologi

ADIWERNA - Kedatangan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menriset Dikti) Prof.H. Muhammad Nasir,Ph.D di SMKN 1 ADB Adiwerna Kabupaten Tegal sebagai sekolah riset dan sekolah teknologi. Minggu (1/3).

MENRISTEK DAN DIKTI MENSUPORT PENDIRIAN PERGURUAN TINGGI DI KAB. TEGAL

SLAWI- Untuk pertama kalinya setelah dilantik menjadi Menteri Negara Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti) Prof. dr. Mohamad Nasir melakukan kunjungan ke Wilayah Kabupaten Tegal, minggu (1/3).

Berita lain

Tanggal berita : 2015-03-06 11:14:02

SLAWI - Forum SKPD Dinas Hubkominfo Tahun 2015 yang berlangsung hari Kamis (05/03) membahas sejumlah permasalahan, baik yang terkait dengan bidang perhubungan maupun komunikasi dan informatika. Beberapa permasalahan dalam bidang komunikasi dan informatika turut menjadi perhatian peserta rapat forum ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-06 11:12:27

SLAWI - Forum SKPD Dinas Hubkominfo Tahun 2015 yang berlangsung hari Kamis (05/03) membahas sejumlah permasalahan, baik yang terkait dengan bidang perhubungan maupun komunikasi dan informatika. Permasalahan yang mencuat dalam forum ini adalah kenyataan bahwa masih banyak perlintasan sebidang yang belum memiliki palang pintu di wilayah Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-06 11:10:17

SLAWI - Bertempat di Dinas Hubkominfo Kabupaten Tegal berlangsung Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah Tahun 2015, Kamis (5/3). Forum ini merupakan wahana dalam upaya penyerapan aspirasi perencanaan pembangunan di tahun 2016 mendatang. Hadir dalam forum ini adalah Kepala Dinas Hubkominfo Kabupaten Tegal beserta jajaran perangkat di bawahnya, SKPD terkait, Anggota Komisi I dan III DPRD Kabupaten Tegal, Anggota Polres Tegal, perwakilan PT KAI Daop V Purwokerto, perwakilan UPP Provinsi Jateng, Ketua Organda Kabupaten Tegal dan undangan lainnya.

 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-05 13:54:24

SLAWI-Sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya bagi sebuah koperasi termasuk Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Sejahtera Kabupaten Tegal harus menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Kali ini, RAT dihadiri oleh perwakilan anggota koperasi dari masing-masing SKPD se Kabupaten Tegal dibuka Wakil Bupati Tegal Dra. Hj. Umi Azizah di Gedung PKK Kabupaten Tegal, kamis (5/3).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-05 12:06:01

TEGAL - Puncak perayaan dies natalis ke 35 Universitas Pancasakti (UPS) Tegal yang jatuh pada tanggal 1 Maret 2015 kemarin, diisi dengan acara utama orasi Ilmiah oleh Prof.Dr.Haryono Suyono dengan tema "Peran Perguruan Tinggi dalam  Pemberdayaan Masyarakat melalui Posdaya"  bertempat di Auditorium UPS Tegal, Rabu (4/3).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-05 09:10:35

BALAPULANG-Bertempat di Pendopo Kecamatan Balapulang, rabu (4/3) Bank Jateng mengalokasikan bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) untuk warta masyarakat Kabupaten Tegal sebesar Rp. 375.000.000,-. Dana sebesar itu akan digunakan untuk merenovasi 50 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) warga masyarakat Desa Balapulang Wetan Kecamatan Balapulang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-05 09:07:17

LEBAKSIU-Bertempat di UPTD Kebun Bibit Desa Kesuben Kecamatan Lebaksiu, Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan (Tanbunhut) Kabupaten Tegal menggelar festival buah duku lokal, Rabu (4/3/2015).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-05 09:16:44

SURADADI - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tegal dan sekitarnya khususnya di Desa Sidaharjo Kecamatan Suradadi dan meluapnya air sungai cacaban. Rabu (4/3) dini hari mengakibatkan beberapa rumah warga terendam banjir.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-05 08:52:06

SLAWI - Bertempat di aula Mapolres Tegal jajaran Pimpinan TNI-Polri diwilayah Kabupaten Tegal   mengikuti kegiatan Telekomfrensi untuk mendengarkan pidato Presiden RI Ir.Joko Widodo, Selasa (3/3).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-05 08:48:29

SLAWI - Enam Barung tergiat 1, 2, dan 3 putra dan putri dalam Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal yang digelar di komplek GOR Trisanja, Slawi, Minggu (1/3) lalu dipastikan maju tingkat Binwil Pekalongan. Mereka bakal mewakili Kontingen Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.500 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 9.000 / Kg
Minyak Goreng (Bimoli Botol) 1 liter : 14.000 / Liter
Minyak Goreng Curah ( tanpa Merk ) : 15.500 / Kg

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 05 Maret 2015