♣   Gabung dengan akun media sosial Pemkab Tegal; Facebook, Twitter dan Youtube (klik di Link)  ♣  

Lomba Cerdas Cermat Kadarkum Tingkat Kabupaten Tegal tahun 2012

2012-06-22 09:18:08


Beberapa perwakilan dari kecamatan sedang beradu pengetahuan dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum, di Pendopo Pemkab Tegal.


 


SLAWI - Perwakilan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tegal mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu (20/6).


Panitia Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum yang juga Kepala Bagian Hukum, Nurlaeli SH menuturkan, peserta lomba merupakan perwakilan Kadarkum TP PKK setiap kecamatan yang beranggotakan lima orang.


"Peserta LCC berasal dari Kadarkum TP PKK Kecamatan, dengan anggota masing-masing 5 orang," terangnya.


Terkait dewan juri, kata Nurlaeli, pihaknya melibatkan dewan juri dari beberapa instansi seperti Polres Tegal, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Tegal, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal dan Bagian Hukum Setda Tegal.


"Ini sebagai upaya pembinaan agar memahami, menyadari, dan mentaati peran dan fungsinya, terutama dalam bidang hukum dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat," jelasnya


Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum mengatakan ketaatan dan kepatutan hukum dalam masyarakat dinilai mengalami gejala melemah. Kondisi itu perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat. Terutama, Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) yang memiliki peran strategis dan bersifat fundamental.


"Indonesia adalah negara hukum, dimana hukum merupakan pedoman dalam gerak langkah untuk mengambil suatu kebijakan, dan hukum adalah panglima dalam peraturan.


Namun kondisi kesadaran masyarakat sekarang masih melemah," tegasnya


Dikatakan Wabup, era globalisasi yang mengedepankan nilai demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas. Namun demikian, dalam kenyataannya ada kecenderungan melemahnya ketaatan dan kepatuhan pada nilai-nilai dan norma hukum. Pihaknya berharap, penegakan hukum harus menjadi prioritas perhatian semua masyarakat, yakni mulai dari pribadi dan keluarga.


"Tingkat kesadaran hukum dipengaruhi oleh belum optimalnya sosialisasi, bervariasi latar belakang dan sosial budaya, sosial ekonomi dan tingkat pendidikan pada masyarakat," tandas Hery


Dalam kesempatan tersebut Wakil bupati menyambut baik adanya kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kadarkum. Wabup menilai kegiatan LCC Kadarkum adalah sebuah bagian penting dalam pembangunan hukum di wilayahnya. Hal itu dikarenakan dengan adanya kesadaran hukum yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat, merupakan tumpuan perangkat aturan hukum dan pembinaan aparat penegak hukum.


"Kami berharap nantinya dapat tercipta masyarakat yang melek hukum dan terwujudnya kepastian hukum di kalangan masyarakat," Pungkasnya. (Hasan)

 

Berita Pilihan

Bupati Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan JITUT

DUKUHWARU - Bupati Tegal, Enthus Susmono melakukan peletakan batu pertama pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) di Desa Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Selasa (20/1) kemarin. Kegiatan dihadiri anggota Forkompimda, Kepala SKPD, Anggota DPRD, Muspika Kecamatan Dukuhwaru, Kades dan masyarakat petani di Kecamatan Dukuhwaru.

BUPATI TEGAL LANTIK 13 PEJABAT ESELON II DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN

LEBAKSIU-Kamis, 15 Januari 2015, Bupati Tegal Enthus Susmono melakukan pelantikan dan pengambilan janji kepada 13 Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tegal. Berbeda dari  kebiasaan sebelumnya, mungkin untuk pertama sekali dalam sejarah birokrasi, pelantikan dan pengambilan janji Pejabat Eselon II dilakukan di lapangan terbuka.

DOKTER DAN TENAGA MEDIS YANG LEBIH MEMENTINGKAN PRAKTEK SWASTA, DIPERSILAHKAN MUNDUR DARI PNS

Slawi - Saya mempersilahkan mundur dari PNS apabila para dokter dengan status PNS lebih mengutamakan tugas Praktik swasta dibandingkan menjalankan tugas pelayanan di instansi pemerintah. Demikian disampaikan Bupati Tegal Enthus Susmono pada saat penyerahan SK CPNS dari Formasi Khusus Dokter di Ruang Rapat Bupati Tegal, kamis (15/1).  

Bupati Tegal Bersama Menpora Peringati Maulud Nabi SAW di Desa Muncanglarang

BUMIJAWA - Bupati Tegal, Enthus Susmono menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H dan Haul Ke 14 Habaib Thalib Bin Mukhsin Al-Athos Bin Muhamad bertempat di Ponpes Attolibiyah Dukuh Mobok Karsih Desa Muncanglarang Kec Bumijawa Kabupaten Tegal, Selasa (13/1).

Bupati Tegal Bersama Forkompinda Sambut Kunjungan Kerja Pangdam IV/Diponegoro

TEGAL - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bayu Purwiyono beserta rombongan yang terdiri dari Asisten, Para Kabalak, Pa Liasion Kodam IV/Diponegoro, Danrem 071/WK, Danbrigif-4/DR, dan Ketua Persit KCK PD IV/Diponegoro beserta Pengurus melaksanakan kunjungan kerja di Kodim 0712/Tegal, Senin (12/1).

Berita lain

Tanggal berita : 2015-01-26 11:56:04

DUKUHWARU - Jajaran Mabiran dan Pengurus / Andalan Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Dukuhwaru masa bhakti 2015 - 2020 resmi dikukuhkan oleh Pengurus Kwartir Cabang. Pengukuhan digelar di pendopo Kecamatan Dukuhwaru, Kamis (22/01) dan dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-26 08:50:36

PANGKAH - Sejumlah warga di Desa Grobog Wetan, Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal mewakafkan tanah untuk pembangunan ruas jalan. Masyarakat yang bermukim di sekitar ruas jalan Desa Grobog Wetan rela melepaskan kepemilikan tanahnya untuk memperlebar jalan tanpa harus diganti rugi, masing-masing satu hingga dua meter sejauh satu kilometer. Tanah yang diwakafkan berupa lahan kanan kiri sepanjang ruas jalan yang akan dilebarkan. Dengan adanya tanah wakaf itu, bila suatu saat ada pembangunan lanjutan, Pemkab tidak akan terlalu sulit mengembangkan pembangunan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-26 08:48:41

TEGAL - Bertempat diruang Aula Makodim, Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Jefson Marisano S,SIp didampingi Kadis Tanbunhut Kabupaten Tegal Ir.Khofifah,MM dan Kabid Pertanian dan hortikultura dinas kelautan dan pertanian Kota Tegal Wiseno Ariadhi,SP Pimpin Rapat Koordinasi Ketahanan Pangan tingkat wilayah Kabupaten dan Kota Tegal, Senin (19/1).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-23 10:00:21

WARUREJA - Wakil Bupati Tegal, Dra Hj Umi Azizah melakukan kunjungan ke PT. SNJM di Desa Demangharjo Kecamatan Warureja, Senin (19/01) usai memberikan bantuan beras kepada korban banjir di Desa Sukareja, Warureja. Kunjungan kerja tersebut berkaitan dengan adanya aduan masyarakat Desa Demangharjo terhadap bau yang ditimbulkan oleh aktifitas PT. SNJM yaitu pembuatan tepung ikan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-23 08:19:27

WARUREJA - Pemerintah Kabupaten Tegal memberikan bantuan kepada korban banjir yang melanda wilayah pantura tepatnya diwilayah Kecamatan Warureja dan Kramat. Bantuan yang diberikan berupa beras sebanyak 10.696 kilogram dan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, Dra Hj Umi Azizah di Desa Sukareja, Kecamatan Warureja, Senin (19/1) lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-22 14:07:06

SLAWI - Belasan Psikotis yang terjaring razia Tim Dinsosnakertrans dan Satpol PP Kabupaten Tegal dikirim ke panti Rehabilitasi Sosial Samektokerti di Comal Kabupaten Pemalang, Selasa (20/1) kemarin. Razia melibatkan sejumlah dinas instansi diantara Dinas Kesehatan, Bagian Kesra dan Bagian Humas Setda Pemkab Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-22 10:18:34

DUKUHWARU - Bupati Tegal, Enthus Susmono melakukan peletakan batu pertama pembangunan Jaringan Irigasi Tingkat Usaha Tani (JITUT) di Desa Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Selasa (20/1) kemarin. Kegiatan dihadiri anggota Forkompimda, Kepala SKPD, Anggota DPRD, Muspika Kecamatan Dukuhwaru, Kades dan masyarakat petani di Kecamatan Dukuhwaru.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-22 10:15:26

MARGASARI - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Margasari melakukan Gerakan Penghijaun disejumlah lokasi di Kecamatan Margasari. Kegiatan yang melibatkan pengurus Kwarran, pamong desa setempat dan Gugus depan diwilayah Margasari dihelat Jumat (15/01/2015).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-22 10:12:48

BALAPULANG - Sedikitnya 100 anggota Pramuka Penegak pangkalan gudep SMA/sederajat diwilayah Kecamatan Balapulang mengikuti kegiatan Raimuna Ranting yang digelar dilapangan Desa Sesepan Kecamatan Balapulang. Kegiatan berlangsung selama tiga hari yakni sejak Jumat (16/1) hingga Minggu (18/1) lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-01-21 09:51:08

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono akan lebih mengoptimalkan tugas dan fungsi staf ahli bupati dan asisten sekda. Hal itu dikatakan Bupati saat melantik 13 pejabat eselon 2 dilingkungan Pemkab Tegal, Kamis sore (15/01/2015) dipelataran Taman Makam Pahlawan (TMP) Pura Kusuma Persada Kab. Tegal di Desa Kajen Kecamatan Lebaksiu.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.500 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.000 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 9.000 / Kg
Minyak Goreng (Bimoli Botol) 1 liter : 14.000 / Liter
Minyak Goreng Curah ( tanpa Merk ) : 15.500 / Kg

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Senin, 26 Januari 2015