♣   Seluruh Jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin.  ♣  

Lomba Cerdas Cermat Kadarkum Tingkat Kabupaten Tegal tahun 2012

2012-06-22 09:18:08


Beberapa perwakilan dari kecamatan sedang beradu pengetahuan dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum, di Pendopo Pemkab Tegal.


 


SLAWI - Perwakilan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tegal mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu (20/6).


Panitia Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum yang juga Kepala Bagian Hukum, Nurlaeli SH menuturkan, peserta lomba merupakan perwakilan Kadarkum TP PKK setiap kecamatan yang beranggotakan lima orang.


"Peserta LCC berasal dari Kadarkum TP PKK Kecamatan, dengan anggota masing-masing 5 orang," terangnya.


Terkait dewan juri, kata Nurlaeli, pihaknya melibatkan dewan juri dari beberapa instansi seperti Polres Tegal, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Tegal, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal dan Bagian Hukum Setda Tegal.


"Ini sebagai upaya pembinaan agar memahami, menyadari, dan mentaati peran dan fungsinya, terutama dalam bidang hukum dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat," jelasnya


Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum mengatakan ketaatan dan kepatutan hukum dalam masyarakat dinilai mengalami gejala melemah. Kondisi itu perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat. Terutama, Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) yang memiliki peran strategis dan bersifat fundamental.


"Indonesia adalah negara hukum, dimana hukum merupakan pedoman dalam gerak langkah untuk mengambil suatu kebijakan, dan hukum adalah panglima dalam peraturan.


Namun kondisi kesadaran masyarakat sekarang masih melemah," tegasnya


Dikatakan Wabup, era globalisasi yang mengedepankan nilai demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas. Namun demikian, dalam kenyataannya ada kecenderungan melemahnya ketaatan dan kepatuhan pada nilai-nilai dan norma hukum. Pihaknya berharap, penegakan hukum harus menjadi prioritas perhatian semua masyarakat, yakni mulai dari pribadi dan keluarga.


"Tingkat kesadaran hukum dipengaruhi oleh belum optimalnya sosialisasi, bervariasi latar belakang dan sosial budaya, sosial ekonomi dan tingkat pendidikan pada masyarakat," tandas Hery


Dalam kesempatan tersebut Wakil bupati menyambut baik adanya kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kadarkum. Wabup menilai kegiatan LCC Kadarkum adalah sebuah bagian penting dalam pembangunan hukum di wilayahnya. Hal itu dikarenakan dengan adanya kesadaran hukum yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat, merupakan tumpuan perangkat aturan hukum dan pembinaan aparat penegak hukum.


"Kami berharap nantinya dapat tercipta masyarakat yang melek hukum dan terwujudnya kepastian hukum di kalangan masyarakat," Pungkasnya. (Hasan)

 

Berita Pilihan

Dishubkominfo Jalin Kerjasama Dengan LIPI

SLAWI - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tegal melakukan kerjasama dengan Balai Informasi Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala Dishubkominfo, Drs. Kushartono HR dan Kepala UPT Balai Informasi Teknologi LIPI, Evandri, M.Eng.Sc, Jumat (22/07/2016) kemarin di kantor Dishubkominfo setempat.

Tim Penggerak PKK Aceh Utara Kunker di Tegal

SLAWI - Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Utara melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Tegal, Senin (18/7/2016) kemarin. Rombongan tersebut disambut baik oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal, Nurlaela Enthus Susmono di Gedung Dadali Pemkab Tegal.

Pemkab Tegal Gelar Halal Bihalal Bersama Forkompimda dan Tokoh Masyarakat

SLAWI - Momentum Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah dimanfaatkan Pemkab Tegal menggelar silaturahmi dan Halal Bihalal bersama Forkompimda Kabupaten Tegal dan tokoh masyarakat, Kamis (14/7) di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal.

Pemkab Tegal Peringati Nuzulul Quran 1437 Hijriyah

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar peringatan Nuzulul Quran tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tegal, Sabtu (25/6/2016) malam. Kegiatan merupakan merupakan acara penutup rangkaian Tarawih Silaturahim Bupati dan Forkompimda selama Ramadhan 1437 H.

Wakil Bupati Buka Rakor Pengamanan Idul Fitri 1437 Hijriyah

SLAWI - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Lebaran 1437 Hijriyah / Tahun 2016 di Ruang Rapat Bupati Tegal Lantai 2 Gedung Amarta, Slawi, Selasa (21/6/2016).

Berita lain

Tanggal berita : 2016-07-26 11:24:44

SLAWI - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal menggelar Pitaran Pelatih 2016 di Sanggar Pramuka Cabang, Minggu (24/07/2016). Kegiatan dalam upaya meningkatkan mutu para Pelatih Pramuka di Kabupaten Tegal itu diikuti 30 Pelatih bersertifikat / lulusan KPD dan KPL.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-25 14:47:01

SLAWI - Upaya mendorong dan mengembangkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Pedesaan dilakukan UPTD Dikpora Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Salah satunya yakni dengan menggelar Workshop yang mengusung tema "Peran Serta Masyarakat Pada Pendidikan PAUD di UPTD Dikpora Kecamatan Kedungbanteng, Sabtu (23/7/2016) kemarin di Aula UPTD Dikpora setempat.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-25 14:44:46

SLAWI - Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tegal melakukan kerjasama dengan Balai Informasi Teknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Kerjasama ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala Dishubkominfo, Drs. Kushartono HR dan Kepala UPT Balai Informasi Teknologi LIPI, Evandri, M.Eng.Sc, Jumat (22/07/2016) kemarin di kantor Dishubkominfo setempat.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-25 14:40:51

TARUB - Ribuan anggota Pramuka Gugusdepan (Gudep) pangkalan SMA-SMK NU 01 Hasyim Asyari Tarub antusias dan kompak melantunkan Alunan Sholawat Nabi bersama iringan Grup Hadroh Ponpes Hasyim Asyari. Acara bertajuk Pramuka bersholawat dalam rangkaian Pekan Seni Santri baru berlangsung di Aula Ponpes Hasyim Asyari, Jumat (22/07/2016) lalu mulai pukul 14.00 WIB.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-25 14:38:31

SLAWI - Dalam rangka meningkatkan kinerja para pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Bagian Hukum Setda menggelar Bimbingan Teknis JDI Hukum di Gedung Bagawat Gita Kompek Pemkab Tegal, Kamis (21/7/2016) lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-25 09:48:04

BALAPULANG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal menutup aktifitas perusahaan produksi pemecah batu di Desa Batuagung, Kecamatan Balapulang kemarin. Penutupan dilakukan lantaran perusahaan yang bernama CV Prima Logam tidak mengantongi izin Gangguan (HO).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-25 09:45:59

SLAWI - Kabupaten Tegal kembali meraih prestasi ditingkat Jawa Tengah. Kali ini, pelajar SMA 1 Slawi, Khansa Adzima berhasil meraih prestasi sebagai Juara 1 Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan tahun 2016 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan diselenggarakan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah tanggal 18-20 Juli 2016 di Hotel Puri Garden, Semarang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-25 09:44:21

SLAWI - Kota Slawi, Kabupaten Tegal berhasil meraih penghargaan sertifikat Adipura 2016 kategori kota kecil. Penghargaan bergengsi ini diraih Kota Slawi karena dinilai mampu meningkatkan kinerja dalam pengelolaan lingkungan hidup perkotaan dari tahun sebelumnya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-22 09:42:54

SLAWI - Momentum masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) tahun 2016, dimanfaatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal untuk menggelar Sosialiasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2011 tentang Ketertiban Umum (Tibum) khususnya yang berkaitan dengan tertib pelajar yakni seperti tercantum pada Bab XIV pasal 66.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-07-21 12:52:44

SLAWI - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah melepas dua peserta Jumbara Nasional PMR perwakilan Kabupaten Tegal, Rabu (20/7/2016). Dua peserta itu adalah ananda Vika Rachmania Hidayah anggota PMR Wira SMA N 3 Slawi dan ananda Zulfan Lidnan anggota PMR Madya SMP N 1 Balapulang. Dua pelajar tersebut mewakili PMI Kabupaten Tegal dan akan menjadi delegasi kontingen PMI Jawa Tengah pada kegiatan Jumbara Nasioanal PMR di Sulawesi Selatan pada 25-31 Juli 2016 mendatang.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 8.500 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 16.000 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 23.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Senin, 25 Juli 2016