Lomba Cerdas Cermat Kadarkum Tingkat Kabupaten Tegal tahun 2012

2012-06-22 09:18:08


Beberapa perwakilan dari kecamatan sedang beradu pengetahuan dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum, di Pendopo Pemkab Tegal.


 


SLAWI - Perwakilan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tegal mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu (20/6).


Panitia Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum yang juga Kepala Bagian Hukum, Nurlaeli SH menuturkan, peserta lomba merupakan perwakilan Kadarkum TP PKK setiap kecamatan yang beranggotakan lima orang.


"Peserta LCC berasal dari Kadarkum TP PKK Kecamatan, dengan anggota masing-masing 5 orang," terangnya.


Terkait dewan juri, kata Nurlaeli, pihaknya melibatkan dewan juri dari beberapa instansi seperti Polres Tegal, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Tegal, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal dan Bagian Hukum Setda Tegal.


"Ini sebagai upaya pembinaan agar memahami, menyadari, dan mentaati peran dan fungsinya, terutama dalam bidang hukum dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat," jelasnya


Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum mengatakan ketaatan dan kepatutan hukum dalam masyarakat dinilai mengalami gejala melemah. Kondisi itu perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat. Terutama, Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) yang memiliki peran strategis dan bersifat fundamental.


"Indonesia adalah negara hukum, dimana hukum merupakan pedoman dalam gerak langkah untuk mengambil suatu kebijakan, dan hukum adalah panglima dalam peraturan.


Namun kondisi kesadaran masyarakat sekarang masih melemah," tegasnya


Dikatakan Wabup, era globalisasi yang mengedepankan nilai demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas. Namun demikian, dalam kenyataannya ada kecenderungan melemahnya ketaatan dan kepatuhan pada nilai-nilai dan norma hukum. Pihaknya berharap, penegakan hukum harus menjadi prioritas perhatian semua masyarakat, yakni mulai dari pribadi dan keluarga.


"Tingkat kesadaran hukum dipengaruhi oleh belum optimalnya sosialisasi, bervariasi latar belakang dan sosial budaya, sosial ekonomi dan tingkat pendidikan pada masyarakat," tandas Hery


Dalam kesempatan tersebut Wakil bupati menyambut baik adanya kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kadarkum. Wabup menilai kegiatan LCC Kadarkum adalah sebuah bagian penting dalam pembangunan hukum di wilayahnya. Hal itu dikarenakan dengan adanya kesadaran hukum yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat, merupakan tumpuan perangkat aturan hukum dan pembinaan aparat penegak hukum.


"Kami berharap nantinya dapat tercipta masyarakat yang melek hukum dan terwujudnya kepastian hukum di kalangan masyarakat," Pungkasnya. (Hasan)

 

Berita Pilihan

Sekda : Kabupaten Tegal Punya Potensi Ekonomi Yang Luar Biasa

SLAWI - Sekda Pemkab Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa, MHum mengemukakan Kabupaten Tegal punya potensi perekonomian yang luar biasa. Meski demikian, tidak semua aspek di bidang ekonomi tersebut bisa digarap oleh pemerintah daerah.

Wabup : Ambil Intelektualitas, Ide dan Keberanian Kartini

SLAWI - Pemikiran Kartini tentang emansipasi tidak hanya disuarakan melalui surat yang ia kirimkan ke teman-teman korespodensinya atau melalui tulisan di berbagai majalah dan koran, akan tetapi Kartini muda terjun langsung dan hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan pembelajaran informal kepada perempuan-perempuan jawa yang tidak sempat mengenyam bangku pendidikan.

Wabup Ingatkan Kades soal Transparansi Dana Desa

BALAPULANG - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah mengingatkan kepada semua kepala desa di Kabupaten Tegal terkait transparansi penggunaan dana desa yang jumlahnya cukup melimpah.

Pemkab Tegal Apresiasi Rumah Sahabat Anak

DUKUHTURI - Pemerintah Kabupaten Tegal mengapresiasi berdirinya Rumah Sahabat Anak (RSA) yang digagas oleh Kapolres Tegal, AKBP Ribut Hari Wibowo, SIK. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah saat Peletakan batu pertama dalam peresmian Rumah Sahabat Anak (RSA) di Desa Sidakaton dan Sidapurna Kecamatan Dukuhturi, Senin (11/04/2016) lalu.

Wabup Lantik Pejabat Administrator, Pengawas dan Pelaksana

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal kembali melakukan mutasi dan pelantikan Pejabat Administrator (setara eselon III), Pengawas (setara eselon IV) dan Pejabat Pelaksana (setara eselon V) sebanyak 32 orang. Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan dilakukan oleh Wakil Bupati Tegal Dra. Umi Azizah, Rabu (6/4/2016) di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal.

Berita lain

Tanggal berita : 2016-05-02 10:42:17

SLAWI - Sebagai upaya mengentaskan kemiskinan dan mewujudkan kemandirian ekonomi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bersama Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersinergi untuk mengembangkan perkoperasian di Indonesia.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-29 09:26:10

BALAPULANG - Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal pada Rabu, kemarin tanggal 27 April 2016 melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis terhadap Hewan Ternak Milik Kelompok Ternak Hewan yang ada di Desa Tembongwah Kecamatan Balapulang. Dalam pemeriksaan, keadaan hewan ternak yang ada di kelompok ternak tersebut dalam keadaan sehat, tidak ditemukan adanya penyakit yang berbahaya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-29 09:23:47

LEBAKSIU - Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Tanbunhut) Kabupaten Tegal mengadakan pelatihan bagaimana cara mengukur tinggi, volume, diameter, dan tata cara penomoran pohon jati yang di tanam di hutan Desa. Kegiatan pelatihan diselenggarakan di Desa Lebaksiu Kidul, Senin (25/4), di ikuti oleh tiga kelompok petani tanaman hutan antara lain kelompok tani dari Desa Lebaksiu Kidul, Kelompok tani Guci dan kelompok tani Desa Penyalahan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 14:53:28

SLAWI - Darma Wanita Persatuan Unit Dinas Dikpora Kabupaten Tegal menggelar peringatan Hari Kartini ke-137 tahun 2016. Puncak peringatan digelar dengan Upacara dan resepsi yang dipusatkan di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Rabu (27/4) kemarin. Upacara dan resepsi diikuti 1.200 orang dari DWP Unit Dinas Dikpora, UPTD Dikpora Kecamatan, SMP / SMA dan SMK se Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 14:47:34

SLAWI - Sebanyak 43 Peserta mengikuti Lomba Menghias Tumpeng dalam rangka Hari Kartini ke-137 tahun 2016. Mereka berasal dari perwakilan Darma Wanita Persatuan UPTD Dikpora Kecamatan, Komisaris Wilayah SMP dan SMA / SMK se-Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 14:45:18

SLAWI - Sekda Pemkab Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa, MHum mengemukakan Kabupaten Tegal punya potensi perekonomian yang luar biasa. Meski demikian, tidak semua aspek di bidang ekonomi tersebut bisa digarap oleh pemerintah daerah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 09:46:49

SLAWI - Pekan Olahraga dan Seni Daerah (Pospeda) Kabupaten Tegal yang berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 25-26 April 2016 resmi berakhir. Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Hasyim Asyari Tarub resmi ditutup oleh Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah, Selasa (26/4) siang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 09:44:07

SLAWI - Persaingan di era pasar bebas ASEAN menuntut seluruh pemerintah daerah meningkatkan daya saingnya. Bahkan untuk itu, Pemerintah berencana akan memangkas 3.236 peraturan daerah yang dinilai menghambat investasi, perizinan, dan reformasi birokrasi, termasuk diantaranya 398 kebijakan yang dinilai diskriminatif dan berdampak langsung terhadap kehidupan kaum perempuan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 09:42:06

BUMIJAWA - Mahmudin (45), Warga Dusun Kraja Desa Sumbaga Rt 04 Rw 05 Kecamatan Bumijawa menerima bantuan dari PMI dan BPBD Kabupaten Tegal kemarin. Bantuan diberikan lantaran rumahnya rusak parah akibat tersambar petir pada Sabtu (23/4/2016) sore.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-27 08:58:52

SLAWI - Pemikiran Kartini tentang emansipasi tidak hanya disuarakan melalui surat yang ia kirimkan ke teman-teman korespodensinya atau melalui tulisan di berbagai majalah dan koran, akan tetapi Kartini muda terjun langsung dan hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan pembelajaran informal kepada perempuan-perempuan jawa yang tidak sempat mengenyam bangku pendidikan.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 8.450 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 7.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 12.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 21.850 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Senin, 02 Mei 2016