Lomba Cerdas Cermat Kadarkum Tingkat Kabupaten Tegal tahun 2012

2012-06-22 09:18:08


Beberapa perwakilan dari kecamatan sedang beradu pengetahuan dalam Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum, di Pendopo Pemkab Tegal.


 


SLAWI - Perwakilan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tegal mengikuti Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Ki Gede Sebayu, Rabu (20/6).


Panitia Lomba Cerdas Cermat (LCC) Kadarkum yang juga Kepala Bagian Hukum, Nurlaeli SH menuturkan, peserta lomba merupakan perwakilan Kadarkum TP PKK setiap kecamatan yang beranggotakan lima orang.


"Peserta LCC berasal dari Kadarkum TP PKK Kecamatan, dengan anggota masing-masing 5 orang," terangnya.


Terkait dewan juri, kata Nurlaeli, pihaknya melibatkan dewan juri dari beberapa instansi seperti Polres Tegal, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemkab Tegal, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tegal dan Bagian Hukum Setda Tegal.


"Ini sebagai upaya pembinaan agar memahami, menyadari, dan mentaati peran dan fungsinya, terutama dalam bidang hukum dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat," jelasnya


Wakil Bupati Tegal, H Moch Hery Soelistiyawan, SH MHum mengatakan ketaatan dan kepatutan hukum dalam masyarakat dinilai mengalami gejala melemah. Kondisi itu perlu mendapatkan perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat. Terutama, Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) yang memiliki peran strategis dan bersifat fundamental.


"Indonesia adalah negara hukum, dimana hukum merupakan pedoman dalam gerak langkah untuk mengambil suatu kebijakan, dan hukum adalah panglima dalam peraturan.


Namun kondisi kesadaran masyarakat sekarang masih melemah," tegasnya


Dikatakan Wabup, era globalisasi yang mengedepankan nilai demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas. Namun demikian, dalam kenyataannya ada kecenderungan melemahnya ketaatan dan kepatuhan pada nilai-nilai dan norma hukum. Pihaknya berharap, penegakan hukum harus menjadi prioritas perhatian semua masyarakat, yakni mulai dari pribadi dan keluarga.


"Tingkat kesadaran hukum dipengaruhi oleh belum optimalnya sosialisasi, bervariasi latar belakang dan sosial budaya, sosial ekonomi dan tingkat pendidikan pada masyarakat," tandas Hery


Dalam kesempatan tersebut Wakil bupati menyambut baik adanya kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kadarkum. Wabup menilai kegiatan LCC Kadarkum adalah sebuah bagian penting dalam pembangunan hukum di wilayahnya. Hal itu dikarenakan dengan adanya kesadaran hukum yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat, merupakan tumpuan perangkat aturan hukum dan pembinaan aparat penegak hukum.


"Kami berharap nantinya dapat tercipta masyarakat yang melek hukum dan terwujudnya kepastian hukum di kalangan masyarakat," Pungkasnya. (Hasan)

 

Berita Pilihan

Pemkab Tegal Peringati Nuzulul Quran 1437 Hijriyah

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar peringatan Nuzulul Quran tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tegal, Sabtu (25/6/2016) malam. Kegiatan merupakan merupakan acara penutup rangkaian Tarawih Silaturahim Bupati dan Forkompimda selama Ramadhan 1437 H.

Wakil Bupati Buka Rakor Pengamanan Idul Fitri 1437 Hijriyah

SLAWI - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Lebaran 1437 Hijriyah / Tahun 2016 di Ruang Rapat Bupati Tegal Lantai 2 Gedung Amarta, Slawi, Selasa (21/6/2016).

Presiden Jokowi Kunjungi Ponpes Attauhidiyah Giren, Talang

SLAWI - Setelah melakukan peresmian ruas Tol Pejagan - Pemalang di Brebes Timur, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana mengunjungi Pondok Pesantren At Tauhidiyyah Syekh Said bin Armia, Giren, Talang, Kabupaten Tegal Kamis (16/6) malam. Di Ponpes Giren Presiden dan rombongan mengikuti salat Isya dan tarawih berjamaah bersama santri dan masyarakat setempat.

Wabup Blusukan Ke Pasar Sidak Daging

SLAWI - Wakil Bupati Tegal, Dra. Hj Umi Azizah didampingi Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP), Ir. Toto Subandriyo, MM dan Tim Kesehatan Masyarakat Veteriner Kabupaten Tegal kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) peredaran daging ke pasar-pasar pada, Kamis (16/6) pagi.

Momentum Tarhim, Berikan Bantuan Masjid dan Santuni Yatim

SLAWI - Kegiatan Tarawih Silaturahim (Tarhim) Bupati bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan para kepala SKPD dilingkungan Pemkab Tegal selama bulan Ramadhan 1437 H diisi dengan pemberian bantuan kepada Masjid dan santunan kepada anak yatim . Seperti halnya pada tarhim Forkompimda putaran ke - 2 bersama masyarakat Kecamatan Slawi yang bertempat di Masjid Al Ittihad, Desa Dukuhsalam Kecamatan Slawi, Selasa (14/6/2016).

Berita lain

Tanggal berita : 2016-06-30 15:27:25

SLAWI - Dalam rangka untuk menjaga keagungan, kehidmatan, kebersamaan, kenyamanan, ketentraman dan ketertiban dan keamanan dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H di wilayah Kabupaten Tegal, masyarakat dihimbau agar tidak mengadakan takbir keliling dengan menggunakan kendaraan bermotor, sepeda motor, truk maupun bak terbuka. Pasalnya dapat mengganggu arus lalu lintas jalan dan rawan terjadinya kecelakaan maupun gesekan antar warga.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-28 15:45:19

SLAWI - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menjalin kerjasama dengan tiga SKPD di lingkungan Pemkab Tegal. SKPD tersebut yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) dan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusarda) Kab. Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 15:42:03

MARGASARI - Untuk mengantisipasi arus mudik di wilayah Kabupaten Tegal, Kapolres Tegal AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, SIK, MHum, MSM melakukan pengecekan jalur selatan sebagai persiapan awal dalam pengamanan Ops Ramadniya Candi 2016 di wilayah Tegal, Jumat (24/6/2016). Dalam kesempatan itu, Kapolres didampingi Kapolsek Margasari, AKP Suratman.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 15:39:15

SLAWI - Semakin pesatnya perkembangan teknologi memudah masyarakat dalam mengakses sebuah informasi dengan cepat dan biaya murah. Dukungan terhadap teknologi semakin modern hingga serasa informasi dunia ada di genggaman tangan. Hampir setiap orang mampu mencari informasi dengan memanfaatkan kecanggihan smartphone bahkan melalui internet.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 14:23:05

SLAWI - Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal, dr. H. Widodo Joko Mulyono,MKes,MM melantik dan mengukuhkan Pengurus Pramuka Peduli Kwarcab Tegal masa bakti 2016-2021 di Pendopo Sanggar Pramuka Cabang, Jumat (24/6) sore. Pengukuhan Pengurus Pramuka Peduli tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketua Kwarcab Pramuka Tegal Nomor 17 tahun 2016 tanggal 1 Juni 2016.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 11:55:34

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar peringatan Nuzulul Quran tingkat Kabupaten Tegal di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tegal, Sabtu (25/6/2016) malam. Kegiatan merupakan merupakan acara penutup rangkaian Tarawih Silaturahim Bupati dan Forkompimda selama Ramadhan 1437 H.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 11:47:47

TALANG - Kepolisian Sektor Talang menggelar kegiatan Pesantren Kilat Kamtibmas. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Sabtu dan Minggu, 25-26 Juni 2016 dan diikuti pelajar tingkat SMK dan masyarakat di wilayah Kecamatan Talang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 11:44:20

KRAMAT - Menjelang Operasi Ramadniya Candi 2016 dalam rangka Pengamanan arus mudik di wilayah Kabupaten Tegal, Kapolres Tegal AKBP Adi Vivid Agustiadi B, SIK, MHum, MSM melakukan pemantauan kesiapan Jalur Pantura yang bakal dilalui Pemudik. Pengecekan dilakukan di SPBU Muri dan kesiapan jembatan Kalipah Kecamatan Kramat, Sabtu (25/6/2016).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 11:33:09

TEGAL - Program TMMD  wilayah Kodim 0712/Tegal secara nyata sudah dirasakan masyarakat Desa Kepunduhan dan sekitarnya terutama dengan hadirnya jalan-jalan baru, rehab Rumah Tidak layak Huni, pengerasan jalan, Jambanisasi serta masih banyak fasilitas umum lainnya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-06-27 11:30:30

TEGAL - Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) telah memberikan manfaat dan efek positif yang sangat besar kepada masyarakat. Selain itu, TNI AD bersinergi dan menyatu dengan masyarakat sebagai wujud kemanunggalan dan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Melalui program TMMD ini, dapat membantu mewujudkan aspirasi dan dapat membantu meringankan kesulitan masyarakat di daerah terpencil.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 8.500 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 15.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 23.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 30 Juni 2016