♣   SMSLaporBupati di 085.6000.8070.9  ♣  

Bupati Tegal Pimpin Apel Hari Santri Nasional 2017

2017-10-23 16:35:39


KET FOTO - Bupati Tegal Ki Enthus Susmono memimpin Apel Akbar Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Tegal 2017


SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono mengemukakan, Hari Santri Nasional sebagaimana telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional ini merupakan bentuk pengakuan negara terhadap peran perjuangan para kiai dan santri dalam memerdekakan republik ini.


"Ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional ini bertepatan dengan dikeluarkannya fatwa jihad oleh KH. Hasyim Asy'ari di tahun 1945 yang mampu membangkitkan semangat ruhul jihad, semangat cinta tanah air arek-arek Suroboyo utamanya kalangan pesantren kala itu yang berujung pada pecahnya pertempuran heroik di Surabaya 10 November 1945 melawan tentara Inggris yang kemudian kita kenang sebagai Hari Pahlawan Nasional," tandas Enthus dalam sambutannya pada Apel Akbar Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Tegal dilapangan Pemkab Tegal, Ahad (22/10).


Menurut Bupati yang berprofesi sebagai dalang itu, meskipun peristiwa bersejarah tersebut dicetuskan oleh Rais Akbar dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU), akan tetapi semangat berjihad dan berjuang yang dikobarkannya mampu menembus sanubari seluruh elemen bangsa Indonesia.


"Hal ini penting saya sampaikan disini agar peringatan Hari Santri tidak memunculkan dikotomi di kalangan umat beragama dan mengusik kehidupan pluralisme Bangsa Indonesia yang berazaskan Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya


Dikatakan, peringatan Hari Santri Nasional ini bukan saja perwujudan rasa syukur, penghormatan dan penghargaan kita kepada santri dan ulama yang telah ikut serta berjuang mengusir penjajah, akan tetapi juga momentum penting bagi kita Bangsa Indonesia untuk memupuk dan menumbuhkembangkan semangat rasa cinta tanah air. Rasa cinta tanah air ini tidak boleh luntur, maka harus dijaga, dipelihara dan digelorakan semangatnya di berbagai kesempatan.


"Bagaimana Kiai Wahab atas bimbingan Kiai Hasyim Asy'ari mencetuskan adagium hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air bagian dari iman dan menggubah lagu bertajuk "Syubanul Wathan" ini merupakan upaya dan pesan dari para pendahulu kita untuk merawat nasionalisme," katanya.


Untuk itu, Mantan Kasatkorcab Banser itu memandang bahwa Hari Santri Nasional ini adalah momentum yang tepat untuk menggugah dan membangkitkan kesadaran kita sebagai sebuah bangsa yang besar. Bangsa yang disatukan oleh kesatuan ideologi anak bangsa yang terdiri dari beragam suku, budaya, agama, ras dan golongan.


Untuk itulah, melalui kesempatan Hari Santri ini, semangat "NKRI Harga Mati" harus terus kita gelorakan. Sudah tidak ada lagi waktu bagi kita memperdebatkan hal-hal yang bersifat wacana atau adanya hanya di awang-awang saja. Yang bangsa ini butuhkan adalah generasi santri hebat yang mau turun tangan, bukan urun angan. Saatnya kita bekerja nyata dengan terus mencari persamaan, bukan mempertajam perbedaan, saling memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, bukan saling melemahkan.


"Semoga dengan peringatan Hari Santri Nasional ini Bangsa Indonesia menjadi semakin damai, berdaulat secara politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan demi terwujudnya Bangsa Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," pungkasnya.


Hadir dalam kesempatan itu, anggota Forkompimda Tegal, Sekda Tegal, jajaran Syuriyah dan Tanfidziah PCNU, Badan Otonom NU, para kepala OPD Pemkab Tegal dan ribuan santri se Kabupaten Tegal. (s@n)

 

Berita Pilihan

Kepala DPMPTSP Jawa Tengah Resmikan Dua Pabrik Di Balapulang

Balapulang - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, Sc , yang mewakili Gubernur Jawa Tengah meresmikan dua pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Balapulang No. 60.RT 08 RW 05 Desa BalapulangWetan, Kec.Balapulang, Kabupaten Tegal Kamis (12/10).

KARYA BHAKTI TNI PERKOTAAN RESMI DIBUKA BUPATI TEGAL

SLAWI - Program karya bhakti TNI perkotaan atau biasa dikenal sebagai Tentara Manunggal Membangun Kota (TMMK), merupakan program terpadu lintas sektoral yang melibatkan TNI, Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat dengan sasaran wilayah Kota Kabupaten.

41 KK di Kecamatan Tarub Dapat Bantuan Jambanisasi

TARUB -Sebanyak 41 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Tarub mendapatkan bantuan program jambanisasi dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tegal. Bantuan tersebut diperuntukan untuk 3 Desa di Kecamatan Tarub yang meliputi Desa Bulakwaru, Kalijambe dan Kedungbungkus.

Serah Terima Bantuan Rumah Pasca Bencana Tanah Longsor Desa Dermasuci

PANGKAH -Acara Serah terima rumah bantuan pasca bencana longsor di Desa Dermasuci Kecamatan Pangkah dari tanggung jawab sosial perusahaan  atau Dana CSR (corporate Social Responsibility) yang dilaksanakan senin (27/9) di tempat relokasi dimana rumah tersebut dibangun. Hadir dalam acara tersebut Wakli Bupati Tegal, Kepala BPBD Kab Tegal, Muspika Kecamatan Pangkah, Pimpinan Bank Mandiri , Pimpinan BUMD Pemkab Tegal dan Kepala Desa serta warga masyarakat Desa Dermasuci .

MENHUB AJAK SANTRI MA’HADUT THOLABAH BANGUN SEKTOR TRANSPORTASI

SLAWI - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengunjungi Ponpes Ma'hadut Tholabah Babakan, Lebaksiu, Sabtu (23/9). Dalam kesempatan itu, Menhub mengajak para santri di lingkungan Ponpes Ma'hadut Tholabah, Babakan, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal untuk ikut membangun sektor transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tanggal berita : 2017-10-23 16:35:39

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono mengemukakan, Hari Santri Nasional sebagaimana telah ditetapkan oleh Pemerintah melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional ini merupakan bentuk pengakuan negara terhadap peran perjuangan para kiai dan santri dalam memerdekakan republik ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-20 10:46:16

SLAWI - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal mengirimkan 20 Pramuka Penegak Pandega untuk mengikuti Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) XI Jawa Tengah yang berlangsung selama sepekan di Kabupaten Kebumen.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-18 16:03:50

SLAWI - Sebanyak 54 Anggota Panwascam se Kabupaten Tegal resmi dilantik dan dikukuhkan, Minggu (15/10) di ruang pertemuan Grand Dian Hotel Slawi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-18 08:19:15

TALANG - Pemerintah Kecamatan Talang bekerjasama dengan BADQO TPQ Talang menggelar Festival Anak Soleh (FASI) tahun 2017. Kegiatan berlangsung di Desa Dukuhmalang, Minggu (15/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-18 08:17:25

SLAWI - Dalam rangka pemberdayaan peran anggota PMR dalam meningkatkan kualitas pembinaan dan pengembangan yang berkarakter dan berkelanjutan, PMI Kabupaten Tegal menggelar Konferensi Palang Merah Remaja (PMR) di Gedung PMI Kabupaten Tegal. Kegiatan berlangsung selama dua hari tanggal 14-15 Oktober dan diikuti 75 orang delegasi PMR Unit Wira se Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-17 15:47:55

SLAWI - Para Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) dan pembina Pramuka harus bangga mengenakan seragam Pramuka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-16 16:18:27

ADIWERNA - Bupati Tegal menghadiri secara langsung kegiatan Penjamasan Astana Kanjeng Susuhunan Amangkurat Agung atau prosesi penjamasan makam dan menggelar doa tahlilbertempat di makam Amangkurat Agung Desa Pesarean Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Senin (16/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-16 16:10:58

SLAWI - Sedikitnya 90 siswa taman kanak-kanak (TK) Masyitoh Muslimat NU Kademangaran, Kecamatan Dukuhturi menyambangi kantor Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Satpol PP Kabupaten Tegal, Sabtu (14/10).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 15:40:15

SLAWI - Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Sosial mengirim wanita Diduga Pekerja Seks Komersial (PSK) ke Panti Sosial untuk direhabilitasi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2017-10-13 10:26:23

Balapulang - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Dr. Prasetyo Aribowo, SH, M.Soc, Sc , yang mewakili Gubernur Jawa Tengah meresmikan dua pabrik yang berlokasi di Jalan Raya Balapulang No. 60.RT 08 RW 05 Desa BalapulangWetan, Kec.Balapulang, Kabupaten Tegal Kamis (12/10).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.700 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.000 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 10.950 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 29.700 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 31 Agustus 2017