MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu Gelar Pesantren Kilat

2012-08-06 13:33:06


Kepala MTs Negeri Model Babakan, Lebaksiu Drs H Wahidin menyerahkan secara simbolis Zakat Fitrah kepada Siswa yang orang tuanya tergolong fakir miskin yang merupakan rangkaian kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan 1433 H.


 


LEBAKSIU - Salah satu yang upaya membentuk karakter siswa secara lahir dan batin, ditempuh MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu yakni dengan menggelar kegiatan pesantren kilat Ramadhan dan pengumpulan zakat.


Ketua Panitia Kegiatan Imam Sofan, SAg mengatakan tujuan utama dari kegiatan pesantren kilat yakni diharapkan pasca romadhon, siswa benar-benar telah siap dan terlatih lahir batin sehingga nantinya mendapatkan prestasi yang lebih baik.


"Pasca Pesantren kilat Ramadhan ini, diharapkan siswa akan terlatih secara lahir dan batin," katanya.


Dikatakan Imam, selain menggelar Pesantren Kilat juga diadakan pengumpulan zakat fitrah siswa yang merupakan bagian terintegrasi dari kegiatan pesantren kilat pada bulan Ramadhan 1433 H yang akan dibagikan pada para Mustahiq (yang berhak menerima.


"Untuk Zakat fitrah, panitia berhasil mengumpulkan lebih dari 2 ton beras yang dibagikan kepada para mustahiq / yang berhak, diantaranya Keluarga Fakir Miskin khususnya dari kalangan siswa tidak mampu, dan masyarakat fakir miskin di desa sekitar madrasah," Ungkapnya.


Sementara Kepala MTs N Model Babakan, Drs H Wahidin, mengatakan, madrasah adalah tempat yang sangat strategis bahkan yang utama setelah keluarga untuk membentuk akhlak/karakter siswa. Bahkan seharusnya setiap madrasah menjadikan kualitas akhlak/ karakter sebagai salah satu "Quality Assurance" (Jaminan kualitas) yang harus dimiliki oleh setiap lulusan madrasahnya


"Jumlah siswa MTs Negeri Model Babakan Lebaksiu saat ini mencapai 1200 Siswa. Kami lebih  mempunyai komitmen kuat dalam pembentukan karakter siswa melalui


kegiatan pengumpulan zakat di madrasah seiring dengan kian pesatnya perkembangan tekhnologi tanpa batas," katanya didampingi Ketua Panitia Zakat Fitrah dan


Pesantren Kilat, Imam Sofan SAg, disela kegiatan pesantren kilat kemarin.


Drs H Wahidin berharap siswa-siswi yang di didik di madrasah ini menjadi hamba Allah yang beriman, sebagaimana pemerintah mencanangkan pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.


Dalam kegiatan pesantren kilat tersebut juga digelar kegiatan martikulasi BTQ bagi siswa kelas VII, Praktik Wudhu dan Sholat, hafalan do'a-doa, wiridan, tahlil dan pengajian kitab kuning sorogan yang digelar khusus untuk kelas IX dibawah asuhan kyai Kasturi SAg dan KH Drs Ahmadun MSI. (Hasan)

 

Berita Pilihan

Sekda : Kabupaten Tegal Punya Potensi Ekonomi Yang Luar Biasa

SLAWI - Sekda Pemkab Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa, MHum mengemukakan Kabupaten Tegal punya potensi perekonomian yang luar biasa. Meski demikian, tidak semua aspek di bidang ekonomi tersebut bisa digarap oleh pemerintah daerah.

Wabup : Ambil Intelektualitas, Ide dan Keberanian Kartini

SLAWI - Pemikiran Kartini tentang emansipasi tidak hanya disuarakan melalui surat yang ia kirimkan ke teman-teman korespodensinya atau melalui tulisan di berbagai majalah dan koran, akan tetapi Kartini muda terjun langsung dan hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan pembelajaran informal kepada perempuan-perempuan jawa yang tidak sempat mengenyam bangku pendidikan.

Wabup Ingatkan Kades soal Transparansi Dana Desa

BALAPULANG - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah mengingatkan kepada semua kepala desa di Kabupaten Tegal terkait transparansi penggunaan dana desa yang jumlahnya cukup melimpah.

Pemkab Tegal Apresiasi Rumah Sahabat Anak

DUKUHTURI - Pemerintah Kabupaten Tegal mengapresiasi berdirinya Rumah Sahabat Anak (RSA) yang digagas oleh Kapolres Tegal, AKBP Ribut Hari Wibowo, SIK. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah saat Peletakan batu pertama dalam peresmian Rumah Sahabat Anak (RSA) di Desa Sidakaton dan Sidapurna Kecamatan Dukuhturi, Senin (11/04/2016) lalu.

Wabup Lantik Pejabat Administrator, Pengawas dan Pelaksana

SLAWI - Pemerintah Kabupaten Tegal kembali melakukan mutasi dan pelantikan Pejabat Administrator (setara eselon III), Pengawas (setara eselon IV) dan Pejabat Pelaksana (setara eselon V) sebanyak 32 orang. Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan dilakukan oleh Wakil Bupati Tegal Dra. Umi Azizah, Rabu (6/4/2016) di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal.

Berita lain

Tanggal berita : 2016-04-29 09:26:10

BALAPULANG - Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal pada Rabu, kemarin tanggal 27 April 2016 melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis terhadap Hewan Ternak Milik Kelompok Ternak Hewan yang ada di Desa Tembongwah Kecamatan Balapulang. Dalam pemeriksaan, keadaan hewan ternak yang ada di kelompok ternak tersebut dalam keadaan sehat, tidak ditemukan adanya penyakit yang berbahaya.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-29 09:23:47

LEBAKSIU - Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Tanbunhut) Kabupaten Tegal mengadakan pelatihan bagaimana cara mengukur tinggi, volume, diameter, dan tata cara penomoran pohon jati yang di tanam di hutan Desa. Kegiatan pelatihan diselenggarakan di Desa Lebaksiu Kidul, Senin (25/4), di ikuti oleh tiga kelompok petani tanaman hutan antara lain kelompok tani dari Desa Lebaksiu Kidul, Kelompok tani Guci dan kelompok tani Desa Penyalahan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 14:53:28

SLAWI - Darma Wanita Persatuan Unit Dinas Dikpora Kabupaten Tegal menggelar peringatan Hari Kartini ke-137 tahun 2016. Puncak peringatan digelar dengan Upacara dan resepsi yang dipusatkan di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Rabu (27/4) kemarin. Upacara dan resepsi diikuti 1.200 orang dari DWP Unit Dinas Dikpora, UPTD Dikpora Kecamatan, SMP / SMA dan SMK se Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 14:47:34

SLAWI - Sebanyak 43 Peserta mengikuti Lomba Menghias Tumpeng dalam rangka Hari Kartini ke-137 tahun 2016. Mereka berasal dari perwakilan Darma Wanita Persatuan UPTD Dikpora Kecamatan, Komisaris Wilayah SMP dan SMA / SMK se-Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 14:45:18

SLAWI - Sekda Pemkab Tegal, Drs Haron Bagas Prakosa, MHum mengemukakan Kabupaten Tegal punya potensi perekonomian yang luar biasa. Meski demikian, tidak semua aspek di bidang ekonomi tersebut bisa digarap oleh pemerintah daerah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 09:46:49

SLAWI - Pekan Olahraga dan Seni Daerah (Pospeda) Kabupaten Tegal yang berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 25-26 April 2016 resmi berakhir. Kegiatan yang dipusatkan di Pondok Pesantren Hasyim Asyari Tarub resmi ditutup oleh Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah, Selasa (26/4) siang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 09:44:07

SLAWI - Persaingan di era pasar bebas ASEAN menuntut seluruh pemerintah daerah meningkatkan daya saingnya. Bahkan untuk itu, Pemerintah berencana akan memangkas 3.236 peraturan daerah yang dinilai menghambat investasi, perizinan, dan reformasi birokrasi, termasuk diantaranya 398 kebijakan yang dinilai diskriminatif dan berdampak langsung terhadap kehidupan kaum perempuan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-28 09:42:06

BUMIJAWA - Mahmudin (45), Warga Dusun Kraja Desa Sumbaga Rt 04 Rw 05 Kecamatan Bumijawa menerima bantuan dari PMI dan BPBD Kabupaten Tegal kemarin. Bantuan diberikan lantaran rumahnya rusak parah akibat tersambar petir pada Sabtu (23/4/2016) sore.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-27 08:58:52

SLAWI - Pemikiran Kartini tentang emansipasi tidak hanya disuarakan melalui surat yang ia kirimkan ke teman-teman korespodensinya atau melalui tulisan di berbagai majalah dan koran, akan tetapi Kartini muda terjun langsung dan hadir ditengah-tengah masyarakat memberikan pembelajaran informal kepada perempuan-perempuan jawa yang tidak sempat mengenyam bangku pendidikan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-04-27 09:01:40

SLAWI - Satu keluarga tunawisma yang selama ini beraktivitas dengan mencari barang rongsokan di kawasan kota Slawi dan sekitarnya, direhabilitasi ke panti milik Dinas Sosial Jawa Tengah, yaitu panti sosial Budi Sakti di Banjarnegara. Selama ini, pada malam hari, mereka tidur di mana saja.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 8.450 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 7.850 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 12.500 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 22.500 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 28 April 2016