♣   Gabung dengan akun media sosial Pemkab Tegal; Facebook, Twitter, dan Youtube (klik di Link)  ♣  

Pemkab Beri Bantuan Air Bersih

2012-09-07 10:28:35


Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum saat melepas secara simbolis bantuan air bersih, Jumat (07/09).


 


SLAWI-Kemarau panjang yang melanda sekarang ini, salah satunya berdampak pada kekurangan ataupun krisis air bersih. Sehingga air bersih yang merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah.


Adapun untuk wilayah Kabupaten Tegal sendiri yang terdiri dari 18 kecamatan, ada 6 kecamatan yang terdiri dari 29 desa yang masuk dalam peta wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, pada PDAM kabupaten Tegal.


Pertama kecamatan Warureja, sebanyak 5 desa, yaitu Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, Rangimulya dan Kendayakan. Kedua kecamatan Suradadi tercatat 4 desa, adalah Kertasari, Jatimulya, Gembongdadi dan Harjosari. Ketiga kecamatan Jatinegara ada 7 desa, yang terdiri dari Lebakwangi, Dukuh Bangsa, Jatinegara, Luwijawa, Lembasari, Taman Sari dan Wotgalih.


Kemudian keempat adalah kecamatan Pangkah, hanya satu desa, yaitu Dermasuci. Kelima kecamatan Kedungbanteng, 3 desa, yaitu  Semedo, Karangmalang dan Penujah dan keenam kecamatan Balapulang, sebanyak 9 desa, adalah Bukateja, Sesepan, Pagerwangi, Wringin Jenggot, Harjawinangun, Banjaranyar, Pamiritan, Karangjambu dan Cenggini.


Berkenaan dengan hal tersebut Pemkab Tegal melalui Bagian Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setda, memberikan bantuan air bersih kepada desa yang mengalami krisis air bersih, yang telah mengajukan surat permohonan bantuan.


Adapun desa-desa tersebut adalah desa Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, dan Kendayakan yang masuk dalam wilayah kecamatan Warurejo. Desa Kertasari, Jatimulya, Harjosari merupakan kecamatan Suradadi.


Untuk kecamatan Jatinegara adalah desa Lebakwangi dan Dukuhbangsa. Kecamatan Pangkah adalah desa Dermasuci, Kecamatan Kedungbanteng yaitu desa Semedo dan Penujah dan Kecamatan Balapulang hanya desa Cenggini yang mengajukan surat permohonan bantuan.


Bantuan air bersih dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum pada hari Jum'at (07/09), bertempat di depan Pendopo Ki Gede Sebayu.


Sebanyak 10 mobil tangki PDA yang bermuatan 5.000 liter air bersih,  segera meluncur ke desa terkait setelah diserahkan Wakil Bupati kepada perwakilan masing-masing kecamatan.


Dikatakan oleh Wakil Bupati, pemberian air bersih hanya diberikan kepada desa yang mengajukan surat pengajuan bantuan air bersih kepada Pemkab melalui kecamatan masing-masing.


Senada dengan hal itu, Kepala Bagian Kesra Setda, Drs M Berlian Adjie, MM, menegaskan bahwa memang pemberian bantuan air bersih diberikan kepada desa yang mengajukan, karena dari Kesra sendiri tidak ada pos dana untuk bantuan bencana alam, karena kekurangan air bersih masuk dalam kategori tersebut.


Untuk I unit mobil tangki PDAM perharinya bisa melayani masyarakat sampai dengan 5 kali pengambilan ke sumber air. Kegaitan pemberian air bersih tersebut, akan berjalan selama ada permintaan dari masyarakat. [Hikmah]

 

Berita Pilihan

DINAS TANBUNHUT KAB TEGAL IKUT PANEN RAYA PADI DI DESA BERSOLE

ADIWERNA - Kepala Dinas Tanbunhut  Kabupaten Tegal Ir.Khofifah,MM  ikut melakukan panen raya padi di Desa Bersole, Kecamatan Adiwerna , Kabupaten Tegal, bertempat disawah milik ketua gapoktan Desa Bersole bapak Kartoib, Kamis (19/3/2015).

SEBANYAK 14.464 POHON DURIAN TUMBUH DAN PRODUKTIF DI WILAYAH KECAMATAN JATINEGARA

JATINEGARA-Pemerintah Kabupaten Tegal kembali menyelenggaraklan Festival Buah Lokal yaitu Festival Buah Durian di Pendopo Kecamatan Jatinegara, selasa (17/3). Sebelumnya Pemkab Tegal sukses menyelenggarakan Festival Buah Duku. Kegiatan ini, diselengggarakan upaya untuk mempromosikan buah lokal asal Kabupaten Tegal guna mendukung visi dan Misi Pemerintah Kab Tegal Tahun 2014-2019 yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Tegal yang mandiri, unggul, berbudaya, religius dan sejahtera melalui program cinta produk Tegal.   

35 ORANG IKUTI SELEKSI LELANG JABATAN

SLAWI-Untuk mengisi kekosongan Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau Kepala SKPD setingkat Eselon II.b yang lebih dikenal dengan Lelang Jabatan, khususnya pada BKD, Dinas PPKAD, DPU, Dinas Kopreasi, UKM dan Pasar, serta Inspektorat, Pemerintah Kabupaten Tegal mengadakan seleksi terbuka. Untuk kali ini, Seleksi Terbuka sudah berada pada tahap Tes Penilaian dan Pemaparan Makalah oleh masing-masing peserta yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati Tegal, selasa, (17/3).

ADIPURA BUKTI MASYARAKAT SADAR AKAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

SLAWI-Bertempat di Teras Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, Plt. Bupati Tegal Dra. Hj. Umi Azizah melakukan Talkshow "Kabar Bupatiku" terkait dengan permasalahan Lingkungan Hidup di Kabupaten Tegal.

DI ERA GLOBALISASI DAN DEMOKRASI, PNS HARUS MEMILIKI BUDAYA MALU

SLAWI-Sebanyak 40 orang CPNS Pemerintah Kabupaten Tegal hasil seleksi Tahun 2014 Formasi Pelamar Umum, Rabu (11/3) menerima petikan Surat Keputusan Bupati Tegal di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal. Secara simbolis, SK CPNSD diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Tegal Dra. Hj. Umi Azizah. 

Berita lain

Tanggal berita : 2015-04-16 15:00:19

SLAWI - Kabupaten Tegal berambisi untuk menyabet kembali Piala Adipura 2015. Piala Adipura merupakan penghargaan nasional bidang kebersihan dan lingkungan. Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan,  Pemerintah Kabupaten Tegal mempersiapkan dan bertekad untuk mempertahankan Piala Adipura diwilayahnya dengan matang, yang telah  diraih di tahun 2012 dan merebut kembali piala adipura di tahun ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-15 15:59:48

PANGKAH - Selasa (14/4/2015) Danramil 11/Pangkah Kapten Inf Fathurrohman hadiri kegiatan rutin rapat koordinasi Kepala Desa se-Kecamatan Pangkah Bertempat di Pendopo Kecamatan Pangkah, dihadiri Danramil 11/Pangkah, Camat Pangkah,  Kepala UPTD se-Kecamatan Pangkah dan Tokoh Masyarakat

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-15 14:00:04

SLAWI - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah mengatakan tugas dan tanggungjawab pemerintah semakin beragam dan komplek serta tuntutan pelayanan yang beragam. Termasuk dalam pengelolaan barang milik daerah, dituntut untuk tertib dan dilakukan penyempurnaan berbagai hal. "Hal itu dikarenakan barang milik daerah merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintah," ujar Wakil Bupati saat membuka Diklat Teknis Pengelolaan Barang Daerah tahun 2015 di Aula Badan Kepegawaian Daerah Kab. Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-14 15:03:17

KRAMAT - Puluhan kelompok tani Sari Tani dan Rejosari serta kelompok wanita Tani Sekar Sari Desa Kemantran Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal mendapatkan pelatihan ketrampilan  pengembangan budidaya jahe merah oleh Dinas Tanbunhut Kabupaten Tegal, Selasa (14/4).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-14 15:00:55

BALAPULANG - Pengajian Akbar dalam rangka syiar islam dan silaturakhim ulama ahli sunah waljamaah dengan tema "membendung budaya radikalisme di bumi pertiwi" bertempat di pondok pesantren Jamiyah nurattauhid asariyah maturudiyah (Naam) Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal. Senin (13/4/).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-13 12:00:49

SLAWI - Tampil menawan membawakan Tari Guci, Tim Tari TP PKK Kecamatan Bumijawa mampu memukau Dewan Juri dan tamu undangan dalam lomba Kreasi Seni Khas Daerah memperingati Hari Kartini ke - 136 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 tingkat Kabupaten Tegal yang digelar Jumat (10/4) di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-13 11:56:09

SLAWI - Bertempat di ruang rapat Bupati Kabupaten Tegal kembali mengadakan rapat Tim Pengawasan Orang Asing (PORA), Rabu (8/4).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-13 11:53:23

SLAWI - Dalam rangka memeriahkan Hari Kartini ke - 136 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke - 43 tahun 2015, TP PKK Kabupaten Tegal menggelar serangkaian kegiatan. Diantaranya bhakti sosial berupa donor darah yang dipusatkan di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Jumat (10/4) lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-11 09:45:54

SLAWI - Peringatan Hari Kartini ke - 136 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-43 tingkat Kabupaten Tegal dimeriahkan berbagai kegiatan. Diantaranya lomba Kreasi Seni Khas Daerah yang digelar di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Jumat (10/4).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-04-10 09:06:59

KRAMAT - Bertempat di Desa Padaharja Kecamatan Kramat dilaksanakan pelepasan burung hantu (tyto alba) dan sosialisasi Peraturan Desa (perdes) tentang larangan menangkap dan membunuh burung hantu, Rabu (8/4).

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 8.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 7.000 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 10.500 / Kg
Minyak Goreng (Bimoli Botol) 1 liter : 14.000 / Liter
Minyak Goreng Curah ( tanpa Merk ) : 15.000 / Kg

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 16 April 2015