Pemkab Beri Bantuan Air Bersih

2012-09-07 10:28:35


Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum saat melepas secara simbolis bantuan air bersih, Jumat (07/09).


 


SLAWI-Kemarau panjang yang melanda sekarang ini, salah satunya berdampak pada kekurangan ataupun krisis air bersih. Sehingga air bersih yang merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah.


Adapun untuk wilayah Kabupaten Tegal sendiri yang terdiri dari 18 kecamatan, ada 6 kecamatan yang terdiri dari 29 desa yang masuk dalam peta wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, pada PDAM kabupaten Tegal.


Pertama kecamatan Warureja, sebanyak 5 desa, yaitu Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, Rangimulya dan Kendayakan. Kedua kecamatan Suradadi tercatat 4 desa, adalah Kertasari, Jatimulya, Gembongdadi dan Harjosari. Ketiga kecamatan Jatinegara ada 7 desa, yang terdiri dari Lebakwangi, Dukuh Bangsa, Jatinegara, Luwijawa, Lembasari, Taman Sari dan Wotgalih.


Kemudian keempat adalah kecamatan Pangkah, hanya satu desa, yaitu Dermasuci. Kelima kecamatan Kedungbanteng, 3 desa, yaitu  Semedo, Karangmalang dan Penujah dan keenam kecamatan Balapulang, sebanyak 9 desa, adalah Bukateja, Sesepan, Pagerwangi, Wringin Jenggot, Harjawinangun, Banjaranyar, Pamiritan, Karangjambu dan Cenggini.


Berkenaan dengan hal tersebut Pemkab Tegal melalui Bagian Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setda, memberikan bantuan air bersih kepada desa yang mengalami krisis air bersih, yang telah mengajukan surat permohonan bantuan.


Adapun desa-desa tersebut adalah desa Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, dan Kendayakan yang masuk dalam wilayah kecamatan Warurejo. Desa Kertasari, Jatimulya, Harjosari merupakan kecamatan Suradadi.


Untuk kecamatan Jatinegara adalah desa Lebakwangi dan Dukuhbangsa. Kecamatan Pangkah adalah desa Dermasuci, Kecamatan Kedungbanteng yaitu desa Semedo dan Penujah dan Kecamatan Balapulang hanya desa Cenggini yang mengajukan surat permohonan bantuan.


Bantuan air bersih dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum pada hari Jum'at (07/09), bertempat di depan Pendopo Ki Gede Sebayu.


Sebanyak 10 mobil tangki PDA yang bermuatan 5.000 liter air bersih,  segera meluncur ke desa terkait setelah diserahkan Wakil Bupati kepada perwakilan masing-masing kecamatan.


Dikatakan oleh Wakil Bupati, pemberian air bersih hanya diberikan kepada desa yang mengajukan surat pengajuan bantuan air bersih kepada Pemkab melalui kecamatan masing-masing.


Senada dengan hal itu, Kepala Bagian Kesra Setda, Drs M Berlian Adjie, MM, menegaskan bahwa memang pemberian bantuan air bersih diberikan kepada desa yang mengajukan, karena dari Kesra sendiri tidak ada pos dana untuk bantuan bencana alam, karena kekurangan air bersih masuk dalam kategori tersebut.


Untuk I unit mobil tangki PDAM perharinya bisa melayani masyarakat sampai dengan 5 kali pengambilan ke sumber air. Kegaitan pemberian air bersih tersebut, akan berjalan selama ada permintaan dari masyarakat. [Hikmah]

 

Berita Pilihan

170 Anak Ikuti Sunatan Massal HUT Kabupaten Tegal ke-415

SLAWI - Sebanyak 170 anak dari 18 kecamatan di Kabupaten Tegal mengikuti sunatan masal yang digelar dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal ke - 415 tahun 2016. Kegiatan ini digelar di pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal, Kamis (19/5).

Pemkab Tegal Gelar Malam Tasyakuran HUT ke-415

SLAWI - Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-415 tahun 2016 salah satunya diwarnai dengan malam tasyakuran yang digelar Selasa malam (17/5) di Pendopo Pemkab Tegal. Tasyakuran dihadiri Bupati Tegal, Enthus Susmono, Sekda Drs Haron Bagas Prakosa,MHum, anggota Forkompimda, Kepala SKPD dan masyarakat.

Kirab Pataka Pakta Integritas Disambut Meriah

SLAWI - Memperingati HUT ke - 415, Pemerintah Kabupaten Tegal menggelar Kirab Pataka Pakta Integritas Kabupaten Tegal, Rabu (18/5) kemarin. Rombongan kirab diberangkatkan oleh Bupati Tegal, Enthus Susmono dari halaman rumah dinas Bupati Tegal sekitar pukul 09.00 Wib menuju Gedung DPRD Kabupaten Tegal. Sebelum berangkat, Bupati Tegal Enthus Susmono mengajak peserta untuk membaca surat Al Fatihah sebanyak tiga kali.

Bunda PAUD Kecamatan Dikukuhkan

SLAWI - Sebanyak 18 orang Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal secara resmi dikukuhkan, Sabtu (30/4/2016) di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal. Mereka terdiri dari 2 Camat Perempuan dan 16 istri Camat yang ada di Kabupaten Tegal.

Pramuka Tegal Raih Tiga Award Ajang Eagle Scout Award Jateng 2016

SLAWI - Tiga orang Pramuka Garuda asal Kwarcab Pramuka Tegal berhasil meraih tiga penghargaan pada kegiatan Pemilihan Pramuka Garuda Berprestasi "Eagle Scout Award" Tingkat Kwarda Jawa Tengah Tahun 2016, Jumat-Sabtu (29-30/4) kemarin di Pusat Kegiatan Pramuka (Puskepram), Kota Semarang.

Berita lain

Tanggal berita : 2016-05-24 15:11:30

JATINEGARA - Pramuka Gugusdepan Tegal 107-108 Ambalan Syarif Hidayatulloh - Siti Khodijah Pangkalan SMA Ma arif NU Jatinegara membagikan ratusan Sembako kepada masyarakat Gantungan. Aksi peduli itu digelar dalam rangkaian kegiatan Perkemahan Bakti (PERTI) pada Sabtu-Minggu, 21 - 22 Mei 2016 di desa setempat.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:47:53

TEGAL- Anggota Satgas TMMD reguler 96 Pratu Jumadi dan Prada anggi melaksanakan komsos dengan kepala Sekolah SDN 02 Kepunduhan, Dalam kegiatan ini pihak sekolah, siswa-siswi begitu antusias menyambut para prajurit yang akan mendukung proses belajar mengajar di SD 02 Kepunduhan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Dalam sambutan Kepala Sekolah menyampaikan ucapan terimakasih atas TMMD yang dilaksanakan ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:45:41

TEGAL - Masyarakat Desa Kepunduhan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal meresa senang karena kini kondisi jalan yang ada di desanya menjadi lebih baik, Sehingga memudahkan warga melakukan aktivitasnya. Selain jalan, beberapa sarana dan prasarana fisik lainnya juga telah diperbaiki dan membuat wajah desa menjadi lebih tertata dan rapi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:43:06

TEGAL- Anggota Satgas TMMD Reguler ke 96 di wilayah Kodim 0712/Tegal di samping melaksanakan program tugas pokoknya membangun desa di wilayah Kodim 0712/Tegal  di Desa Kepunduhan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, juga menjadi bagian dari warga masyarakat Desa setempat terbukti adanya warga masyarakat yang meninggal dunia anggota Satgas TMMD ikut Lelayu mengantarkan jenazah kepemakaman.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:40:00

TEGAL- Dalam memelihara keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME. Anggota Satgas TMMD Reguler 96 Kodim 0712/Tegal  yang beragama Muslim melaksanakan kegiatan ibadah bertempat di Masjid Nurul Huda Desa Kepunduhan Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:36:09

TEGAL - Sebelas unit rumah tidak layak huni (RTLH) di rehab pada Kegiatan TMMD ke-96 tahun 2016 di Desa Kepunduhan,Kecamatan Kramat,Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:31:55

TEGAL - Tidak mengenal lelah sejumlah anggota TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 96 di Wilayah Kodim 0712/Tegal telah berusaha dengan semangat pengabdian, membongkar dan membangun kembali rumah Drajat warga RT 02/02 Desa Kepunduhan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal yang  nyaris ambruk.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:25:36

TEGAL- Dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2016, Kodim 0712/Tegal, TNI melaksanakan pengaspalan jalan di Desa Kepunduhan Kecamatan. Kramat, Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 14:21:49

TEGAL- Tentara Nasional Indonesia (TNI)-AD benar-benar tidak ingin membuat sekat antara masyarakat dan militer. Hal ini terlihat dalam program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 di Desa Kepunduhan, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-05-24 15:06:24

TEGAL - Kemanunggalan TNI dengan Rakyat tak bisa di pisahkan dimana yang kita ketahui TNI adalah dari rakyat nantinya juga kembali ke Rakyat terbukti adanya TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) rakyat bersama TNI membahur dalam gotong royong membangunan Desa.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 8.500 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 8.000 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 15.000 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 23.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Senin, 23 Mei 2016