♣   Gabung dengan akun media sosial Pemkab Tegal; Facebook, Twitter, dan Youtube (klik di Link)  ♣  

Pemkab Beri Bantuan Air Bersih

2012-09-07 10:28:35


Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum saat melepas secara simbolis bantuan air bersih, Jumat (07/09).


 


SLAWI-Kemarau panjang yang melanda sekarang ini, salah satunya berdampak pada kekurangan ataupun krisis air bersih. Sehingga air bersih yang merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah.


Adapun untuk wilayah Kabupaten Tegal sendiri yang terdiri dari 18 kecamatan, ada 6 kecamatan yang terdiri dari 29 desa yang masuk dalam peta wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, pada PDAM kabupaten Tegal.


Pertama kecamatan Warureja, sebanyak 5 desa, yaitu Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, Rangimulya dan Kendayakan. Kedua kecamatan Suradadi tercatat 4 desa, adalah Kertasari, Jatimulya, Gembongdadi dan Harjosari. Ketiga kecamatan Jatinegara ada 7 desa, yang terdiri dari Lebakwangi, Dukuh Bangsa, Jatinegara, Luwijawa, Lembasari, Taman Sari dan Wotgalih.


Kemudian keempat adalah kecamatan Pangkah, hanya satu desa, yaitu Dermasuci. Kelima kecamatan Kedungbanteng, 3 desa, yaitu  Semedo, Karangmalang dan Penujah dan keenam kecamatan Balapulang, sebanyak 9 desa, adalah Bukateja, Sesepan, Pagerwangi, Wringin Jenggot, Harjawinangun, Banjaranyar, Pamiritan, Karangjambu dan Cenggini.


Berkenaan dengan hal tersebut Pemkab Tegal melalui Bagian Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setda, memberikan bantuan air bersih kepada desa yang mengalami krisis air bersih, yang telah mengajukan surat permohonan bantuan.


Adapun desa-desa tersebut adalah desa Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, dan Kendayakan yang masuk dalam wilayah kecamatan Warurejo. Desa Kertasari, Jatimulya, Harjosari merupakan kecamatan Suradadi.


Untuk kecamatan Jatinegara adalah desa Lebakwangi dan Dukuhbangsa. Kecamatan Pangkah adalah desa Dermasuci, Kecamatan Kedungbanteng yaitu desa Semedo dan Penujah dan Kecamatan Balapulang hanya desa Cenggini yang mengajukan surat permohonan bantuan.


Bantuan air bersih dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum pada hari Jum'at (07/09), bertempat di depan Pendopo Ki Gede Sebayu.


Sebanyak 10 mobil tangki PDA yang bermuatan 5.000 liter air bersih,  segera meluncur ke desa terkait setelah diserahkan Wakil Bupati kepada perwakilan masing-masing kecamatan.


Dikatakan oleh Wakil Bupati, pemberian air bersih hanya diberikan kepada desa yang mengajukan surat pengajuan bantuan air bersih kepada Pemkab melalui kecamatan masing-masing.


Senada dengan hal itu, Kepala Bagian Kesra Setda, Drs M Berlian Adjie, MM, menegaskan bahwa memang pemberian bantuan air bersih diberikan kepada desa yang mengajukan, karena dari Kesra sendiri tidak ada pos dana untuk bantuan bencana alam, karena kekurangan air bersih masuk dalam kategori tersebut.


Untuk I unit mobil tangki PDAM perharinya bisa melayani masyarakat sampai dengan 5 kali pengambilan ke sumber air. Kegaitan pemberian air bersih tersebut, akan berjalan selama ada permintaan dari masyarakat. [Hikmah]

 

Berita Pilihan

POPDA DAN PEKAN SENI PELAJAR SEBAGAI AJANG OLAHRAGA DAN OLAH RASA MENUJU PRESTASI

SLAWI-Bertempat di Areal GOR Trisanja Jalan Ir. H. Juanda Slawi, ribuan pelajar yang merupakan pewakilan kontingen dari 18 kecamatan se Kabupaten Tegal mengikuti Apel Jajaran Dinas Dikpora dan sekaligus Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) dan Pekan Seni Pelajar Daerah Tingkat Kabupaten Tegal, selasa (24/2).

Fosil Purbakala Ditemukan di Desa Karangmalang Kecamatan Kedungbanteng

KEDUNGBANTENG - Setelah Desa Semedo, Kecamatan Kedungbanteng menggemparkan banyak peneliti karena temuan fosil purba, kini di Desa Karangmalang juga ditemukan benda serupa.

PEMBKAB TEGAL GANDENG TNI DAN KPH HIJAUKAN SEMEDO

Kedung Banteng-Bupati Tegal Enthus Susmono mengajak kepada seluruh warga masyarakat Kabupaten Tegal untuk gemar menanam pohon dan memelihara pohon di lahan-lahan yang ada di wilayah Kabupaten Tegal. Hal ini dimaksudkan, agar lahan-lahan yang terlantar, lahan tidak produktif dan lahan kritis yang ada di wilayah Kabupaten Tegal diharapkan menjadi lahan yang produktif.

Gubernur Jateng Tinjau Penggrebegan Pupuk Oplosan

KRAMAT - Pasca penggrebegan pupuk oplosan yang dilakukan oleh Kodim 0712/Tegal dan Koramil 06/Kramat bersama Balai Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal dini hari pukul 00.15 wib, Kamis (12/2) langsung ditinjau Gubernur Jawa Tengah Ir. Ganjar Pranowo yang sedang melaksanakan kunjungan kerja diwilayah Pekalongan, Tegal dan Brebes, 11-12 Februari ini.

Bupati Tegal Buka Porseni Maarif NU Kab. Tegal

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono membuka secara resmi kegiatan Pekan Olahrga dan Seni (Porseni) Maarif Olympiade Sains dan ke-NU-an yang dilaksanakan di Taman Rakyat, Slawi (TRASA), Selasa (10/2).

Berita lain

Tanggal berita : 2015-03-02 10:39:15

SLAWI - Ketua TP PKK Kabupaten Tegal, Nurlela Enthus Susmono yang juga Istri Bupati Tegal membuka secara resmi gelaran Pesta Siaga tingkat Kwarcab Tegal tahun 2015 di pelataran GOR Trisanja Slawi, Minggu (1/3) kemarin.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-02 10:36:35

TEGAL - Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Jefson Marisano S,SIP melantik Pengurus Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI Polri Indonesia (FKPPI) Kota Tegal dan Kabupaten Tegal masa bakti 2015-2020, untuk masa bakti lima tahun mendatang resmi dilantik, Sabtu (28/2).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-02 09:12:34

SLAWI - Sebanyak 25 Personil anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal mengikuti latihan dasar baris -berbaris (PBB). Latihan tersebut dimaksudkan sebagai persiapan menjelang gelar pasukan dan defile dalam rangka HUT Satpol PP tingkat Propinsi Jawa Tengah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-03-02 09:08:37

SLAWI - Satu lagi prestasi ditorehkan oleh Kabupaten Tegal. Kali ini, kontingen Pramuka SMA Negeri Slawi mengharumkan nama Kabupaten Tegal setelah berjaya di ajang Competion Of Pandawa Scout V (Compas V) tingkat Jawa Tengah yang digelar Politeknik Negeri Semarang 21 Februari lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-02-27 10:05:00

SLAWI - Puluhan anggota Pramuka yang terdiri dari pengurus Kwarcab, Pimpinan Satuan Karya, anggota Dewan Kerja, Pramuka Penegak dan Pandega serta perwakilan Satuan Karya (SAKA) mengikuti renungan menjelang hari lahir bapak Kepanduan Dunia (the Founding Father), Lord Baden Powell di Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal, Sabtu (21/2) malam belum lama ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-02-27 10:02:11

SLAWI - SEJUMLAH 36 barung tergiat putra dan putri dari 18 Kwartir Ranting (Kwarran) se-Kwartir Cabang Tegal, siap beradu kemampuan dan ketrampilan dalam gelaran Pesta Siaga tingkat Kwartir Cabang Tegal, Minggu (1/3) mendatang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-02-26 13:49:05

SLAWI - Prestasi ditorehkan Pramuka SMP Negeri 2 Adiwerna atau biasa disebut Spenduna. Pramuka Spenduna yang diwakili Regu Rajawali dan Nusa Indah berhasil meraih juara umum dalam ajang Boy Scout Competetition (BSC) tahun 2015 yang digelar SMK N 1 Slawi, Minggu (22/2) lalu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-02-26 13:46:58

SLAWI - Guna penyampaian informasi tentang realisasi program kegiatan tahun 2014 dan membahas rencana kegiatan tahun 2015, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di Sanggar Pramuka setempat, Sabtu (21/2) lalu. Rakercab dibuka Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR dan dihadiri unsur Pimpinan Kwarcab, anggota Mabicab, perwakilan SAKA dan Kwartir Ranting se Kabupaten Tegal.

 

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-02-26 09:42:54

SLAWI - Persatuan pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Tegal merevitalisasi gending Tegalan yang selama ini dinilai asing di telinga masyarakat setempat. Pada tahap pertama, terdapat 10 gending yang direvitalisasi dan segera dituangkan dalam bentuk compact disc (CD) dan diedarkan kepada masyarakat umum.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2015-02-25 14:13:53

SLAWI - Hakekat yang paling dalam dari kita untuk memasuki tahun baru implek 2566, untuk melakukan perpindahan atau perubahan, dari apa yang selama ini masih kurang baik menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Manusia yang berhasil adalah manusia yang dapat mewujudkan hari ini yang lebih baik dari hari kemarin, dan menjadikan hari esok harus lebih baik dari hari ini.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 10.500 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 10.000 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 9.000 / Kg
Minyak Goreng (Bimoli Botol) 1 liter : 14.000 / Liter
Minyak Goreng Curah ( tanpa Merk ) : 15.000 / Kg

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Senin, 02 Maret 2015