Pemkab Beri Bantuan Air Bersih

2012-09-07 10:28:35


Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum saat melepas secara simbolis bantuan air bersih, Jumat (07/09).


 


SLAWI-Kemarau panjang yang melanda sekarang ini, salah satunya berdampak pada kekurangan ataupun krisis air bersih. Sehingga air bersih yang merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah.


Adapun untuk wilayah Kabupaten Tegal sendiri yang terdiri dari 18 kecamatan, ada 6 kecamatan yang terdiri dari 29 desa yang masuk dalam peta wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, pada PDAM kabupaten Tegal.


Pertama kecamatan Warureja, sebanyak 5 desa, yaitu Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, Rangimulya dan Kendayakan. Kedua kecamatan Suradadi tercatat 4 desa, adalah Kertasari, Jatimulya, Gembongdadi dan Harjosari. Ketiga kecamatan Jatinegara ada 7 desa, yang terdiri dari Lebakwangi, Dukuh Bangsa, Jatinegara, Luwijawa, Lembasari, Taman Sari dan Wotgalih.


Kemudian keempat adalah kecamatan Pangkah, hanya satu desa, yaitu Dermasuci. Kelima kecamatan Kedungbanteng, 3 desa, yaitu  Semedo, Karangmalang dan Penujah dan keenam kecamatan Balapulang, sebanyak 9 desa, adalah Bukateja, Sesepan, Pagerwangi, Wringin Jenggot, Harjawinangun, Banjaranyar, Pamiritan, Karangjambu dan Cenggini.


Berkenaan dengan hal tersebut Pemkab Tegal melalui Bagian Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setda, memberikan bantuan air bersih kepada desa yang mengalami krisis air bersih, yang telah mengajukan surat permohonan bantuan.


Adapun desa-desa tersebut adalah desa Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, dan Kendayakan yang masuk dalam wilayah kecamatan Warurejo. Desa Kertasari, Jatimulya, Harjosari merupakan kecamatan Suradadi.


Untuk kecamatan Jatinegara adalah desa Lebakwangi dan Dukuhbangsa. Kecamatan Pangkah adalah desa Dermasuci, Kecamatan Kedungbanteng yaitu desa Semedo dan Penujah dan Kecamatan Balapulang hanya desa Cenggini yang mengajukan surat permohonan bantuan.


Bantuan air bersih dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum pada hari Jum'at (07/09), bertempat di depan Pendopo Ki Gede Sebayu.


Sebanyak 10 mobil tangki PDA yang bermuatan 5.000 liter air bersih,  segera meluncur ke desa terkait setelah diserahkan Wakil Bupati kepada perwakilan masing-masing kecamatan.


Dikatakan oleh Wakil Bupati, pemberian air bersih hanya diberikan kepada desa yang mengajukan surat pengajuan bantuan air bersih kepada Pemkab melalui kecamatan masing-masing.


Senada dengan hal itu, Kepala Bagian Kesra Setda, Drs M Berlian Adjie, MM, menegaskan bahwa memang pemberian bantuan air bersih diberikan kepada desa yang mengajukan, karena dari Kesra sendiri tidak ada pos dana untuk bantuan bencana alam, karena kekurangan air bersih masuk dalam kategori tersebut.


Untuk I unit mobil tangki PDAM perharinya bisa melayani masyarakat sampai dengan 5 kali pengambilan ke sumber air. Kegaitan pemberian air bersih tersebut, akan berjalan selama ada permintaan dari masyarakat. [Hikmah]

 

Berita Pilihan

Kodim dan Tanbunhut Gelar Penghijauan Padat Karya

WARUREJA - Jajaran Kodim 0712/Tegal dan Dinas Tanbunhut memprakarsai gerakan tanam penghijauan secara padat karya. Dalam penghijauan padat karya ini, juga melibatkan jajaran Polri, Muspika, pamong desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, para pemuda dan warga masyarakat dari semua elemen termasuk di dalamnya kaum tani.

Kapolres Paparkan Situasi Kamtibmas di hadapan Bupati dan DPRD

SLAWI - Dalam rangka keterbukaan informasi publik, Kapolres Tegal, AKBP Ribut Hari Wibowo SIK, Kamis (28/01/2015) memaparkan situasi kamtibmas tahun 2015 dan Sosialisasi Daftar Isian Perencanaan Anggaran (DIPA) Polres Tegal tahun 2016 dihadapan Bupati Tegal dan anggota DPRD Kabupaten Tegal. Kegiatan berlangsung di ruang Badan Anggaran (Banggar) Gedung DPRD Kabupaten Tegal.

Bupati Tegal Lantik Direktur PDAM Diatas Penampungan Air

LEBAKSIU - Bupati Tegal, Enthus Susmono melantik Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tegal, Brahmono Weko Pujiono ST M.Eng hasil seleksi Desember 2015 lalu. Uniknya, pelantikan berlangsung di atap bangunan penampungan air atau reservoir PDAM di Desa Timbangreja, Kecamatan Lebaksiu, Selasa (26/1) sore.

Wakil Bupati Lantik 84 Pejabat Pengawas

SLAWI -Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah melantik 84 Pejabat Pengawas setara Eselon IV di lingkungan Pemkab Tegal. Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan dilakukan di Pendopo Amangkurat Pemkab Tegal, Kamis (14/01) kemarin. Pelantikan yang dilakukan berupa mutasi / pergeseran, promosi jabatan dan kenaikan pangkat.

Bupati Serahkan DPA-SKPD Tahun 2016

SLAWI - Bupati Tegal, Enthus Susmono menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) SKPD dan buku pedoman penatausahaan pelaksanaan APBD Kabupaten Tegal Tahun 2016 di Ruang Pertemuan DPPKAD Pemkab Tegal, Senin (11/01/2016) lalu. Dalam kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan pakta integritas oleh para Kepala SKPD Kabupaten Tegal.

Berita lain

Tanggal berita : 2016-02-12 10:37:12

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal kembali melakukan pembersihan puluhan reklame yang menempel dan terpasang di pohon. Aksi yang berlangsung, Rabu (10/2/2016) itu, menyasar sepanjang jalan raya II Slawi hingga perempatan lampu merah Pagongan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-12 10:35:26

BALAPULANG - Pesta Siaga tingkat Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Balapulang digelar, Sabtu 6 Pebruari 2016 di Pendopo Kecamatan Balapulang. Kegiatan diikuti Gudep pangkalan SD/MI se Kecamatan Balapulang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-11 15:04:04

SLAWI - Tanah bergerak kembali terjadi di Desa Dermasuci, Kecamatan Pangkah Senin (8/2/2016) dini hari. Akibat bencana alam tersebut, puluhan rumah mengalami kerusakan ringan hingga parah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-11 11:23:45

WARUREJA - Jajaran Kodim 0712/Tegal dan Dinas Tanbunhut memprakarsai gerakan tanam penghijauan secara padat karya. Dalam penghijauan padat karya ini, juga melibatkan jajaran Polri, Muspika, pamong desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, para pemuda dan warga masyarakat dari semua elemen termasuk di dalamnya kaum tani.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-11 11:21:02

KRAMAT - Bencana Banjir rob melanda Kelurahan Dampyak, Kecamatan Kramat, Senin(8/2/2016). Hal itu disebabkan meluapnya sungai Damyak dan Ketiwon karena hujan deras beberapa hari kemarin. Akibatnya sebagian warga mengungsi di rumah kerabat, masjid al ikhlas dan sebagian tetap bertahan di rumah masing-masing.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-11 08:16:34

SLAWI - Dalam rangka melatih jiwa berwirausaha, Gudep SMA Negeri 3 Slawi melakukan budidaya ikan lele di sekitar sekolah. Peresmian ditandai dengan penebaran Benih Ikan Lele oleh Kepala SMA 3 Slawi, Drs Agus Suyino selaku Ketua Mabigus, Kamis (4/2/2016).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-09 11:08:45

SLAWI - Sebanyak 750 anak PMR Wira se Kabupaten Tegal mengikuti Uji Kecakapan Pertolongan pertama (PP). Kegiatan berlangsung Minggu, (7/2/2016) di Gedung PMI Kabupaten Tegal komplek Alun - alun Slawi (AAS).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-09 09:15:40

SLAWI - Dalam rangka pindahan dan menempati gedung baru, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tegal menggelar acara syukuran, Rabu (3/2/2016) lalu. Acara berlangsung di ruang Aula lantai 2 Mako Satpol PP dan dihadiri seluruh anggota Satpo PP Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-02-09 09:13:24

SLAWI - Sebanyak 90 Pejabat Administrator setara eselon 3 dan Pejabat Pengawas setara eselon 4 dilingkungan Pemkab Tegal, Senin (01/02/2016) petang dilantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di pendopo Rumah Dinas Bupati Tegal dan dipimpin oleh Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-01-29 10:19:52

SLAWI - Dalam rangka keterbukaan informasi publik, Kapolres Tegal, AKBP Ribut Hari Wibowo SIK, Kamis (28/01/2015) memaparkan situasi kamtibmas tahun 2015 dan Sosialisasi Daftar Isian Perencanaan Anggaran (DIPA) Polres Tegal tahun 2016 dihadapan Bupati Tegal dan anggota DPRD Kabupaten Tegal. Kegiatan berlangsung di ruang Badan Anggaran (Banggar) Gedung DPRD Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.500 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 9.000 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 12.000 / Kg
Minyak Goreng (Bimoli Botol) 1 liter : 14.000 / Liter
Minyak Goreng Curah ( tanpa Merk ) : 18.500 / Kg

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 11 Februari 2015