Pemkab Beri Bantuan Air Bersih

2012-09-07 10:28:35


Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum saat melepas secara simbolis bantuan air bersih, Jumat (07/09).


 


SLAWI-Kemarau panjang yang melanda sekarang ini, salah satunya berdampak pada kekurangan ataupun krisis air bersih. Sehingga air bersih yang merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan masyarakat, harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah.


Adapun untuk wilayah Kabupaten Tegal sendiri yang terdiri dari 18 kecamatan, ada 6 kecamatan yang terdiri dari 29 desa yang masuk dalam peta wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, pada PDAM kabupaten Tegal.


Pertama kecamatan Warureja, sebanyak 5 desa, yaitu Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, Rangimulya dan Kendayakan. Kedua kecamatan Suradadi tercatat 4 desa, adalah Kertasari, Jatimulya, Gembongdadi dan Harjosari. Ketiga kecamatan Jatinegara ada 7 desa, yang terdiri dari Lebakwangi, Dukuh Bangsa, Jatinegara, Luwijawa, Lembasari, Taman Sari dan Wotgalih.


Kemudian keempat adalah kecamatan Pangkah, hanya satu desa, yaitu Dermasuci. Kelima kecamatan Kedungbanteng, 3 desa, yaitu  Semedo, Karangmalang dan Penujah dan keenam kecamatan Balapulang, sebanyak 9 desa, adalah Bukateja, Sesepan, Pagerwangi, Wringin Jenggot, Harjawinangun, Banjaranyar, Pamiritan, Karangjambu dan Cenggini.


Berkenaan dengan hal tersebut Pemkab Tegal melalui Bagian Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setda, memberikan bantuan air bersih kepada desa yang mengalami krisis air bersih, yang telah mengajukan surat permohonan bantuan.


Adapun desa-desa tersebut adalah desa Kreman, Kedungkelor, Banjarturi, dan Kendayakan yang masuk dalam wilayah kecamatan Warurejo. Desa Kertasari, Jatimulya, Harjosari merupakan kecamatan Suradadi.


Untuk kecamatan Jatinegara adalah desa Lebakwangi dan Dukuhbangsa. Kecamatan Pangkah adalah desa Dermasuci, Kecamatan Kedungbanteng yaitu desa Semedo dan Penujah dan Kecamatan Balapulang hanya desa Cenggini yang mengajukan surat permohonan bantuan.


Bantuan air bersih dilepas secara simbolis oleh Wakil Bupati Tegal, HM Herry Soelistyawan, SH, MHum pada hari Jum'at (07/09), bertempat di depan Pendopo Ki Gede Sebayu.


Sebanyak 10 mobil tangki PDA yang bermuatan 5.000 liter air bersih,  segera meluncur ke desa terkait setelah diserahkan Wakil Bupati kepada perwakilan masing-masing kecamatan.


Dikatakan oleh Wakil Bupati, pemberian air bersih hanya diberikan kepada desa yang mengajukan surat pengajuan bantuan air bersih kepada Pemkab melalui kecamatan masing-masing.


Senada dengan hal itu, Kepala Bagian Kesra Setda, Drs M Berlian Adjie, MM, menegaskan bahwa memang pemberian bantuan air bersih diberikan kepada desa yang mengajukan, karena dari Kesra sendiri tidak ada pos dana untuk bantuan bencana alam, karena kekurangan air bersih masuk dalam kategori tersebut.


Untuk I unit mobil tangki PDAM perharinya bisa melayani masyarakat sampai dengan 5 kali pengambilan ke sumber air. Kegaitan pemberian air bersih tersebut, akan berjalan selama ada permintaan dari masyarakat. [Hikmah]

 

Berita Pilihan

Masyarakat Diminta Jadi Tuan Rumah Yang Baik Untuk Wisatawan

BUMIJAWA - Kabupaten Tegal memiliki banyak potensi wisata yang mampu menarik kedatangan wisatawan mancanegara. Karena itu, masyarakat diminta untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut kedatangan mereka.

Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-71 Berlangsung Meriah

SLAWI - Karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 tingkat Kabupaten Tegal berlangsung meriah. Acara rutin tahunan yang diadakan Pemkab Tegal digelar selama 2 hari yakni Sabtu (20/8) diperuntukan untuk karnaval pelajar yang terdiri dari siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, /SMA/SMK/MA dan Mahasiswa Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Tegal baik Negeri maupun Swasta.

DKPP Tebar 265.000 bibit Ikan di Cacaban

KEDUNGBANTENG - Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Pemkab Tegal menebar 265.000 bibit ikan di perairan Waduk Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Rabu (10/8) kemarin.

Anggota Dharma Wanita Dilatih Mengolah Ikan

SLAWI - Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan pelatihan pengolahan ikan bagi anggota Dharma Wanita, Senin (8/8) kemarin. Pelatihan digelar di Sasana Wanodya Tama, Gedung Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tegal dan diikuti oleh 80 peserta dari perwakilan seluruh unit dan pengurus DWP.

Bupati Lepas 878 Calon Jamaah Haji Kabupaten Tegal

SLAWI - Sebanyak 878 Jamaah calon haji asal Kabupaten Tegal dilepas Bupati Tegal Enthus Susmono di pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Selasa (2/8). Hadir dalam penglepasan jamaah calon haji Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah, Forkompimda, anggota DPRD dan petugas pendamping, pembimbing dan tenaga kesehatan yang akan mendampingi jamaah selama di Tanah Suci.

Berita lain

Tanggal berita : 2016-08-25 13:59:18

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah dan Satpol PP Kabupaten Tegal menggelar razia Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jalan Raya Procot - Slawi, Rabu (24/8) kemarin. Selain Satpol PP, Razia juga melibatkan tim gabungan yang terdiri atas Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Tegal, Satlantas Polres Tegal dan Dishubkominfo Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-24 16:16:28

BUMIJAWA - Kabupaten Tegal memiliki banyak potensi wisata yang mampu menarik kedatangan wisatawan mancanegara. Karena itu, masyarakat diminta untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut kedatangan mereka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-24 16:14:40

SLAWI - Anggota Pramuka Penegak Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal mengikuti pelatihan dan pembekalan pembuatan jamban keluarga di Sanggar Pramuka, belum lama ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-23 14:00:32

SLAWI - Semarak Karnaval memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 tingkat Kabupaten Tegal tahun 2016, Minggu (21/8) kemarin, dimanfaatkan Yayasan Gerak Sedekah Tegal (GST) bersama Grup facebook Sisi Lain Kab Tegal (SLKT) untuk memperkenalkan Ambulan gratis kepada masyarakat.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-23 13:58:32

SLAWI - Karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 tingkat Kabupaten Tegal berlangsung meriah. Acara rutin tahunan yang diadakan Pemkab Tegal digelar selama 2 hari yakni Sabtu (20/8) diperuntukan untuk karnaval pelajar yang terdiri dari siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, /SMA/SMK/MA dan Mahasiswa Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Tegal baik Negeri maupun Swasta.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-22 17:02:42

SLAWI - Dishubkominfo Kabupaten Tegal berpartisipasi dalam karnaval yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tegal dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71, Minggu (21/08/2016). Rute karnaval yaitu diawali start di GOR Trisanja - Bundaran Patung Obor - SMA N 1 Slawi - Rumdin Bupati - Brigif - Finish dan panggung kehormatan di Gedung Korpri Slawi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-22 16:26:52

SLAWI - Kabupaten Tegal mengirimkan 38 atlet dari kalangan santri Pondok Pesantren (Ponpes) pada ajang Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospeda) tingkat Propinsi Jawa Tengah tanggal 22-25 Agustus 2016 di Semarang.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-22 16:23:26

LEBAKSIU - Desa dan masyarakat Yamansari yang dikordinir para pemuda mengadakan tradisi tahunan dalam memperingati HUT RI yang ke 71 yaitu panjat pucang miring (19/08/2016). Acara ini diadakan di sungai aliran irigasi di kawasan Stol Yamansari. Pohon pinang yang ditata miring dengan disangga dua bambu dan diletakan di sungai dengan hadiah-hadiah dipuncaknya menjadi daya tarik para penonton dan pemakai jalan.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-22 16:20:42

LEBAKSIU - Panitia peringatan 71 tahun Indonesia Merdeka adakan jalan sehat, Minggu (14/8.2016). ini adalah rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT RI ke-71. Jalan santai yang diikuti warga desa Yamansari ini diikuti sekitar 500 orang . Dengan mengambil Rute seputar desa Yamansari. Acara jalan sehat ini dilepas start oleh bapak Kepala Desa Yamansari Abdul Ghopir S.St.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-16 13:57:21

SLAWI - Setelah melalui serangkaian penilaian yang ketat oleh Tim Penilai dari Provinsi Jawa Tengah pada pertengahan bulan Ramadan lalu, akhirnya Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Benur Pur In, Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal dinobatkan sebagai Pemenang Terbaik I pada Penilaian Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Tingkat Jawa Tengah Tahun 2016 Kategori Hatchery Skala Rumah Tangga (HSRT)

 

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 8.500 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 15.000 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 23.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Kamis, 04 Agustus 2016