Enam Sekolah Siaga Bencana Gelar Simulasi

2012-12-17 13:37:59


Kesibukan Tim Pertolongan Pertama PMR SMK Negeri 1 Bumijawa saat menangani korban di Kolekting area.


 


SLAWI - Sebanyak Enam Sekolah Progam Sekolah Siaga Bencana (SSB)baru-baru ini menggelar Simulasi Penanganan Bencana pada minggu kedua Desember kemarin. Keenam sekolah tersebut yakni SMP N 2 Bojong, SMP N 1 Warureja, SMP N 3 Bumijawa, SMP N 2 Margasari, MTs NU Sigedong dan SMK N 1 Bumijawa. Pihak yang terlibat dalam pelaksanaan simulasi tersebut adalah semua warga sekolah yang terdiri dari unsur Siswa, PMR, Guru, TU, penjaga sekolah dan kantin.


Ketua PMI Kabupaten Tegal, dr H Bimo Bayuadji mengatakan, tujuan diadakan simulasi penanganan bencana di sekolah adalah dalam rangka Upaya Pengurangan Risiko bencana bagi warga sekolah terutama siswa.


"Anak sekolah merupakan golongan yang rentan terkena dampak bencana di sekolah. Oleh karena itu, baik guru maupun semua komponen yang ada di sekolah bertanggungjawab terhadap keselamatan siswa selama berada di sekolah, terutama sekolah yang berlokasi di daerah rawan bencana,"ungkapnya.


Koordinator Pendampingan Simulasi PMI Kabupaten Tegal, Thamalia Haristiani SHI menjelaskan, dalam melaksanakan simulasi bencana disekolah, mereka berpedoman pada Standar Operasional Prosedur  (SOP) penanganan bencana yang dibuat.


"Dengan kegiatan simuasi semacam ini, diharapkan semua komponen yang ada disekolah paham akan peran masing-masing sesuai SOP tanggap daurat yang telah dibuat. Mereka akan berbuat apa dan mau apa bila terjadi bencana sesungguhnya,"jelasnya.


Lebih lanjut dijelaskan, dalam rangka mencapai tujuan Upaya Pengurangan Risiko Bencana di Sekolah tersebut, sekolah rogram sudah melaksanakan kegiatan antara lain latihan rutin PMR di sekolah, sosialisasi kesiapsiagaan di sekolah kepada seluruh warga sekolah serta kampanye pengurangan resiko bencana.


"Selain itu, telah diberikannya bantuan peralatan pertolongan pertama, tandu, tabung pemadam kebakaran, Megaphone dan tempat tidur,"paparnya.


Kegiatan simulasi penanganan bencana di enam sekolah di Kabupaten Tegal terselenggara atas dukungan dari Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Jerman (German Red Cross). (Hasan)

 

Berita Pilihan

Masyarakat Diminta Jadi Tuan Rumah Yang Baik Untuk Wisatawan

BUMIJAWA - Kabupaten Tegal memiliki banyak potensi wisata yang mampu menarik kedatangan wisatawan mancanegara. Karena itu, masyarakat diminta untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut kedatangan mereka.

Karnaval HUT Kemerdekaan RI ke-71 Berlangsung Meriah

SLAWI - Karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 tingkat Kabupaten Tegal berlangsung meriah. Acara rutin tahunan yang diadakan Pemkab Tegal digelar selama 2 hari yakni Sabtu (20/8) diperuntukan untuk karnaval pelajar yang terdiri dari siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, /SMA/SMK/MA dan Mahasiswa Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Tegal baik Negeri maupun Swasta.

DKPP Tebar 265.000 bibit Ikan di Cacaban

KEDUNGBANTENG - Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Pemkab Tegal menebar 265.000 bibit ikan di perairan Waduk Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Rabu (10/8) kemarin.

Anggota Dharma Wanita Dilatih Mengolah Ikan

SLAWI - Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) menyelenggarakan pelatihan pengolahan ikan bagi anggota Dharma Wanita, Senin (8/8) kemarin. Pelatihan digelar di Sasana Wanodya Tama, Gedung Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Tegal dan diikuti oleh 80 peserta dari perwakilan seluruh unit dan pengurus DWP.

Bupati Lepas 878 Calon Jamaah Haji Kabupaten Tegal

SLAWI - Sebanyak 878 Jamaah calon haji asal Kabupaten Tegal dilepas Bupati Tegal Enthus Susmono di pendapa Amangkurat Pemkab Tegal, Selasa (2/8). Hadir dalam penglepasan jamaah calon haji Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah, Forkompimda, anggota DPRD dan petugas pendamping, pembimbing dan tenaga kesehatan yang akan mendampingi jamaah selama di Tanah Suci.

Berita lain

Tanggal berita : 2016-08-30 11:15:49

WARUREJA - Wakil Bupati Tegal, Dra Umi Azizah selaku Ketua Harian Mabicab Tegal menyerahkan Estafet Tunas Kelapa (ETK) tahun 2016 tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah kepada Bupati Pemalang, H Junaedi, SH,MM selaku Ketua Mabicab Pemalang di depan SD Sumberharjo 01, Pemalang, Minggu sore (28/8).

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-29 16:25:06

SLAWI - Santri Pondok Pesantren Ahmad Dahlan (PPAD) Harjawinangun, Kecamatan Balapulang yang mewakili Kabupaten Tegal pada ajang Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospeda) tingkat Provinsi Jawa Tengah 22-25 Agustus 2016 lalu di Semarang, meraih empat medali, yaitu satu perak, dan tiga perunggu.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-29 16:23:56

SLAWI - Komandan Kodim 0712 / Tegal, Letkol Inf. Hari Santoso,S.Sos selaku Wakil Ketua Mabicab Tegal menerima penyerahan Estafet Tunas Kelapa (ETK) ke 33 Kwarda Jawa Tengah dari Wakil Bupati Brebes, Narjo SH selaku Wakil Ketua Mabicab Brebes Prosesi berlangsung di halaman SD Selapura 01 Kecamatan Dukuhwaru, Sabtu (27/8) kemarin.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-25 13:59:18

SLAWI - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah dan Satpol PP Kabupaten Tegal menggelar razia Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Jalan Raya Procot - Slawi, Rabu (24/8) kemarin. Selain Satpol PP, Razia juga melibatkan tim gabungan yang terdiri atas Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kabupaten Tegal, Satlantas Polres Tegal dan Dishubkominfo Kabupaten Tegal.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-24 16:16:28

BUMIJAWA - Kabupaten Tegal memiliki banyak potensi wisata yang mampu menarik kedatangan wisatawan mancanegara. Karena itu, masyarakat diminta untuk menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut kedatangan mereka.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-24 16:14:40

SLAWI - Anggota Pramuka Penegak Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal mengikuti pelatihan dan pembekalan pembuatan jamban keluarga di Sanggar Pramuka, belum lama ini.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-23 14:00:32

SLAWI - Semarak Karnaval memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 tingkat Kabupaten Tegal tahun 2016, Minggu (21/8) kemarin, dimanfaatkan Yayasan Gerak Sedekah Tegal (GST) bersama Grup facebook Sisi Lain Kab Tegal (SLKT) untuk memperkenalkan Ambulan gratis kepada masyarakat.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-23 13:58:32

SLAWI - Karnaval dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 tingkat Kabupaten Tegal berlangsung meriah. Acara rutin tahunan yang diadakan Pemkab Tegal digelar selama 2 hari yakni Sabtu (20/8) diperuntukan untuk karnaval pelajar yang terdiri dari siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, /SMA/SMK/MA dan Mahasiswa Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Tegal baik Negeri maupun Swasta.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-22 17:02:42

SLAWI - Dishubkominfo Kabupaten Tegal berpartisipasi dalam karnaval yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Tegal dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71, Minggu (21/08/2016). Rute karnaval yaitu diawali start di GOR Trisanja - Bundaran Patung Obor - SMA N 1 Slawi - Rumdin Bupati - Brigif - Finish dan panggung kehormatan di Gedung Korpri Slawi.

Detail berita »

 

Tanggal berita : 2016-08-22 16:26:52

SLAWI - Kabupaten Tegal mengirimkan 38 atlet dari kalangan santri Pondok Pesantren (Ponpes) pada ajang Pekan Olahraga dan Seni Pondok Pesantren (Pospeda) tingkat Propinsi Jawa Tengah tanggal 22-25 Agustus 2016 di Semarang.

Detail berita »

 

1 2 3 4 5 6 next »

Harga Kebutuhan

Harga kebutuhan berdasarkan Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal adalah :

Beras IR 64 ( kw premium ) : 9.000 / Kg
Beras IR 64 ( kw medium ) : 8.500 / Kg
Gula Pasir Kristal ( kw medium ) : 13.000 / Kg
Minyak Goreng Curah (tanpa merek) : 23.000 / Liter
Minyak Goreng merk Bimoli (botol) : 14.000 / Liter

Daftar Harga lengkap...

Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Tegal
Update : Senin, 29 Agustus 2016